Ternyata, Orang Indonesia Terbanyak Pelesir di Negara Bekas Penjajahnya

0
1247

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kesukaan orang Indonesia jalan-jalan kembali ke negara lain kembali terkuak. Netherlands Tourism Board mengungkap untuk kawasan Asia, orang Indonesia menempati posisi nomor satu yang berwisata ke negeri Belanda.

“Untuk Asia, Indonesia paling tinggi berkunjung ke Belanda. Karena itu, kami mempromosikan pariwisata Belanda ke Indonesia yang pertama selain negara Asia lainnya yang akan kami kunjungi,” ucap Andrew van der Feltz, Director Networking and Business Development NBTC di Jakarta, Senin (27/10/2014).

Netherland Board Tourism and Conventions (NBTC) mengadakan kegiatan promosi yang bertajuk South East Asia Sales Mission 2014 di Jakarta (27 Oktober 2014) serta di Surabaya (29 Oktober 2014).

Andrew mengatakan, jika Indonesia merupakan pasar terbesar yang menjadi target Belanda demi mendatangkan wisatawannya ke Negri Kincir Angin tersebut. Sejak Januari hingga Oktober 2014, sekira 40 ribu turis Indonesia telah datang ke Belanda, NBTC menargetkan 60 ribu untuk turis Indonesia.

“Indonesia berada nomor sembilan berada di bawah Jepang untuk turis yang datang ke Belanda, urutan pertama adalah Jerman, Inggris, Belgia, Amerika, Prancis, Skandinavia, China, Jepang, lalu Indonesia,” bebernya lagi.

Lalu mengapa Indonesia menjadi target utama selain Indonesia dikenal paling banyak mendatangi Belanda? “Indonesia menjadi negara penting untuk Belanda sebab, dari segi bisnis Indonesia paling tinggi sehingga Indonesia memiliki peluang untuk mendatangkan turis ke Belanda khususnya warga Indonesia,” tutupnya.

Promo “Holland” bertujuan untuk membangun citra positif Belanda sebagai tempat tujuan yang tepat untuk berlibur, pertemuan bisnis, dan konvensi. Bagi NBTC, Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 250,6 Juta dan rata-rata pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen per tahun dari 2010- 2013, merupakan target pasar potensial bagi pertumbuhan industri pariwisata Belanda.

Di sisi lain, Belanda menjadi ‘top of mind’ bagi wisatawan Indonesia yang berlibur ke Eropa. NBTC mendata pada 2012, hampir 97.000 pengunjung Indonesia melakukan perjalanan ke Eropa, dan 33.000 diantaranya menyertakan kunjungan ke Belanda dalam perjalanan mereka di Eropa.

Sejak 2009 jumlah penerbangan dari Indonesia menuju Belanda juga meningkat secara signifikan. “Pada 2013, ada 990 penerbangan dengan kontribusi lebih dari 318,000 tempat duduk,” katanya. Bahkan, Sejak Mei 2014, Garuda adalah maskapai penerbangan pertama yang terbang non -stop ke Amsterdam. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.