Ternyata, 6 Negara di Dunia Tak Punya Bandara

0
276

JAKARTA, Bisniswisata. co.id: Ternyata masih ada negara di dunia, yang masih belum memiliki bandara sendiri. Tercatat ada enam negara tak dilengkapi bandara. Padahal enam negara itu memiliki destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan mancanegara. Meski tak punya bandara, bukan berati tak ada wisatawan datang. Justri malah sebaliknya.

Enam negara yang tidak memiliki bandara, antara lain: Dengan daerah seluas 109 hektar yang terletak di tengah kota Roma, Vatikan tidak memiliki bandara sendiri. Namun, pengunjung dapat dengan mudah sampai ke sana melalui ibukota Italia itu.

Demikian pula dengan San Marino yang juga dikelilingi oleh tanah Italia. Negara terkecil ke-lima di dunia ini memiliki penduduk sekitar 33.000 jiwa dan tidak memiliki bandara sendiri. Tapi, bagi Anda yang ingin mengunjunginya tidak perlu khawatir. Negara ini hanya berjarak 14,5 kilometer dari Bandara Internasional Federico Fellini di Rimini, Italia.

Lalu bila ingin mengunjungi Monaco – negara terkecil kedua di dunia setelah Vatikan, Anda harus melalui Bandara Internasional Nice Côte d’Azur Prancis, yang berjarak hanya 25 menit. Negara yang terkenal dengan sirkuit balap Formula Satu ini memiliki populasi hanya 38.500 jiwa.

Yang menarik, negara terkecil ke tiga dan empat dunia, yakni Nauru dan Tuvalu, justru masing-masing memiliki bandara sendiri.

Sementara itu, untuk sampai ke negara Liechtenstein, Anda harus melalui Bandara St. Gallen-Altenrhein di Swiss yang berjarak 38,6 kilometer dari ibu kota.

Untuk mencapai Andorra pengunjung juga harus melalui Spanyol atau Perancis. Lokasinya yang terletak di pegunungan Pyrenees membuat negara ini mustahil untuk memiliki bandara sendiri. Di negara ini, orang hanya perlu berjalan sejauh 40 kilometer udari satu ujung ke ujung yang lain.

Untuk mencapai negara ini, Anda bisa melalui Spanyol atau Perancis. Pilihan terdekat ke ibukota Andorra adalah dari Bandara Girona-Costa Brava di Spanyol.

Negara terakhir yang tidak memiliki bandara adalah Palestina. Namun, bandara Internasional Ben Gurion di Israel hanya berjarak 42 kilometer dari Betlehem. (KMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.