Tempat Pentas Tak Ada, Ondel-ondel ‘Ngemis’ di Jalan

0
2970

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Ondel-ondel merupakan ikon sekaligus kesenian khas Ibukota Jakarta kerap menarik perhatian turis-turis kala berkunjung. Sayangnya, sampai saat ini tempat ondel-ondel untuk tampil secara resmi di Jakarta masih sangat kurang, bahkan tidak ada karena perhatian pemerintah nol besar.

Jangan heran, kita lebih sering melihat ondel-ondel mencari nafkah alias mengemis di jalan-jalan ibu kota. Hampir setiap musik alunan Betawi terdengar telinga kita di jalan, tak lama kemudian terlihat ondel-ondel beraksi.

Kondisi tersebut membuat salah seorang sukarelawan di Lembaga Kebudayaan Betawi, Moch Suchrawadhi prihatin dan sedih. Menurutnya, ondel-ondel juga termasuk seniman Betawi tidak pantas tampil di jalanan.

“Saya menyebut ondel-ondel itu sebagai seniman jalanan. Sebenarnya banyak seniman jalanan, misalnya di Tanah Abang dan sekitar Monas. Tetapi, kondisinya di jalanan bukan di sebuah tempat,” tuturnya seperti dikutip okezone.com di stan Lembaga Kebudayaan Betawi Jakarta Fair Kemayoran 20015, baru-baru ini.

Menurut pria yang biasa disapa Ardhi ini, sebenarnya bukan tidak ada tempat untuk para seniman jalanan menyalurkan bakat keseniannya. Tetapi, kondisinya sampai saat ini tempat-tempat untuk menyalurkan bakat kesenian di Jakarta untuk para seniman jalanan masih sangat kurang.

“Saya rasa bukan tidak ada tempat untuk para seniman jalanan seperti ondel-ondel untuk menyalurkan bakat kesenian mereka, tetapi sangat kurang tempatnya. Jadi, di HUT Jakarta yang ke-488 ini harapannya akan lebih banyak lagi tempat-tempat untuk para seniman jalanan ini,” sambungnya. @@@

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.