Tebing Pantai Sadranan Ambles, 10 Wisatawan Tertimbun 3 Tewas

0
2716
tebing pantai yang ambles (Foto: http://kusnantokarasan.com/)

GUNUNG KIDUL, test.test.bisniswisata.co.id: TEBING Pantai Sadranan di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ambles, sehingga terjadi longsoran yang menimbun 10 wisatawan dalam keadaan hidup-hidup. Setelah dilakukan evaluasi ditemukan empat korban. Tiga orang dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Satu Korban selamat berjenis kelamin wanita dalam kondisi lemah dan mengalami luka berat serius. Korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari, untuk mendapatkan perawatan.

Korban meninggal dunia yang tercatat di posko bernama Joko Susanto (35), Risa Ummai (22) dan M. Taufik (20). Sedangkan korban luka berat adalah Ny Karsiyem warga Dusun Bolu, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul,

Salah seorang saksi mata, Endah mengatakan saat kejadian dirinya bersama keponakannya bermain air di pantai, sedangkan suaminya Muhamad Topik dan salah seorang keponakannya Joko berlindung di bawah tebing. “Saat tebing ambles, saya bermain air laut, suami saya di bawah tebing,” katanya, di Gunung Kidul, Rabu (17/6).

Dijelaskan, tebing yang digunakan untuk berteduh oleh banyak wisatawan itu tiba-tiba ambles sekitar pukul 15.00 WIB, dan terjadi longsor. “Suami saya termasuk yang tertimbun longsoran tersebut,” katanya.

Lia, salah seorang wisatawan dari Megelang, Jawa Tengah mengatakan, dia sebelumnya berada di bawah tebing. Namun, ketika merasa ada angin kencang, dirinya lari menyelamatkan diri. “Ada angin besar dan kencang, kemudian saya lari bersama ibu saya, dan tiba-tiba tebing ambles dan terjadi longsor,” katanya.

Ia mengaku beruntung bisa selamat dari kejadian tersebut. “Yang tertimbun sekitar 10 orang,” katanya seperti dilansir laman Antara.

Salah seorang pengelola snorkling Pantai Sadranan mengatakan, di bawah tebing yang ambles itu ada sejumlah orang. “Ada sekitar 10 orang, tetapi saya tidak tahu pastinya, kemungkinan mereka adalah wisatawan yang berteduh di bawah tebing,” katanya.

Data Posko SAR Baron, korban sebagian besar korban adalah warga Kecamatan Srumbung, Magelang yang tengah berwisata di Pantai Sadranan. Tebing kapur yang runtuh itu mempunyai ketinggian sekitar 8 meter. Tebing pinggir pantai itu ditumbuhi tanaman pandan laut. Di bawah tebing pinggir pantai dengan pasir putih itu saat runtuh ada banyak diperkirakan mempunya ketinggian 15 meter dan lebar 50 meter dan saat runtuh, sejumlah orang sedang berada di lokasi untuk berlibur merayakan kedatangan Ramadhan.

Warga yang berusaha membantu mendapatkan kesulitan mengevakuasi karena alat yang terbatas. Hingga saat ini petugas yang dibantu warga berusaha untuk menyelamatkan korban yang tertimbun. Petugas SAR, TNI dan kepolisian dibantu warga sekitar masih berusaha mengeruk pasir yang menimbun para wisatawan lokal, dengan peralatan seadanya.@@@

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.