Taman Margasatwa Ragunan Kejar Target 5 Juta Pengunjung

0
654
Taman Margastwa Ragunan Jakarta

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sepanjang tahun 2016, kunjungan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) ditargetkan mencapai 5 juta pengunjung. Sayangnya, sejak Januari hingga November baru mencapai 4,5 juta pengunjung. Sisa waktu sebulan ini, pengelola TMR bekerja ekstra keras untuk mengejar target kunjungan dengan sebuah harapan target 2016 bisa tercapai.

“Kami mengandalkan masa libur sekolah, Natal, dan jelang pergantian tahun bisa memenuhi kekurangan target pengunjung. Mudah-mudah bisa memenuhi kekurangan, prediksi hanya 4,7 juta pengunjung karena kondisi cuaca, di mana curah hujan sedang tinggi, dan liburan sekolah agak pendek,” ungkap Humas TMR, Wahyudi Bambang di Jakarta, Senin (05/12/2016).

Tempat wisata sekaligus konservasi seluas 140 hektare yang memiliki koleksi satwa 2025 ekor dari 220 spesies ini, sambung Bambang juga melakukan upaya untuk menarik pengunjung seperti, penyediaan stan-stan foto dan penambahan sarana bermain anak di Taman Satwa Anak (Children Zoo). Selain itu, dalam rangka reboisasi, pihaknya juga menanam 50 bibit pohon.

“Stan foto satwa dibuat secara tematis. Kita buatkan background yang ornamennya seperti real dan alami seperti kolam ikan, batu-batu alam, air mancur, kemudian dibuat taman yang nyaman untuk berfoto. Penambahan fasilitas ini diharapkan menarik perhatian wisatawan lokal dan nasional sehingga tertarik datang berkunjung ke TMR,” tandas Bambang

Diakuinya, TMR masih menjadi destinasi liburan warga, salah satunya karena memiliki ruang terbuka hijau yang luas. Apalagi warga Jabodetabek mengidam-idamkan suasana sejuk dan nyaman di tengah rindangnya pohon yang terbilang langka di Jakarta.

“Mungkin Ragunan ini masih punya ruang terbuka hijau yang cukup luas, masyarakat merindukan area hijau yang sulit ditemukan di Jakarta. Bisa untuk family gathering juga. Dan satwa di TMR ini relatif lengkap,” tutur Bambang.

Ditambahkan, meskipun saat ini masuk TMR menggunakan kartu ‘JakCard’, tidak mengurangi minat atau antusias masyarakat untuk berlibur ke TMR. “Tiket masuknya sangat murah di dunia, anak-anak Rp 3.500, orang dewasa Rp 4.500. Walaupun pakai Jakcard belinya Rp 30.000, tapi satu kartu bisa untuk empat sampai lima orang, dan bukannya yang pakai langsung buang. Antusiasnya masih sangat baik,” tandasnya.

TMR berhasil meraih dua rekor dunia yang dibuat Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Dua rekor dunia yang diperoleh yakni taman margasatwa dengan tiket masuk termurah dan paling banyak dikunjungiā€ˇ. TMR memunggut tiket masuk hanya Rp 4.500 untuk kategori dewasa dan Rp 3.500 untuk kategori anak-anak. Besaran itu mengantarkan TMR meraih rekor dunia untuk kategori tiket masuk termurah di dunia. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.