PNS Tak Rapat di Hotel, Negara Hemat Rp 1,3 Triliun

0
698

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Yuddy Chrisnandi mengungkapkan pelarangan pegawai negeri sipil (PNS) untuk menggelar acara di hotel-hotel menimbulkan pengiritan yang besar. Buktinya, dalam dua bulan anggaran yang bisa dihemat mencapai Rp 1,3 triliun.

“Kementerian, lembaga, daerah akumulatif 2 bulan Rp 1,3 triliun. Contohnya di Kementrian PAN bisa hemat Rp4 miliar dalam dua bulan ini, juga Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) mampu menghemat hingga Rp 5 milyar.” kata dia dalam Laporan Pelaksanaan Tugas 100 Hari Pertama, di Jakarta, Selasa (27/1/2014).

Dia mengatakan, sejak aturan tersebut dikeluarkan hingga saat ini sudah tidak ada lagi instansi pemerintah yang menggelar acara di hotel. Dalam persentase, aturan ini 99,9 persen berhasil dilakukan.

“Larangan rapat di luar fasilitas pemerintah kurang dari 2 bulan mendekati 99,9 persen tidak ada lagi yang rapat di hotel. Ini salah satu bukti revolusi metal,” paparnya.

Aturan itu, lanjut menteri, merupakan bukti pemerintah untuk mengubah cara pandang yang sebelumnya dilayani, kini menjadi pelayanan rakyat. Ketentuan tersebut juga mengubah cara pandang masyarakat yang menilai PNS selalu berfoya-foya. “Sekarang kinerja dilihat seberapa besar melakukan efisiensi,” tandas dia.

Ditambahkan lagi, jumlah Rp 1,3 triliun itu bukan asal sebut. Melainkan berdasarkan perhitungan dan analisis selama ini. “Bukan perkiraan dong. Kami liat dari BPKP, dari mana mana. Kita kumpulkan data,” ujarnya. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.