TAITRA: Kompetisi motif batik picu kreativitas anak muda Indonesia

0
1505
Pemenang kompetisi desain batik. Sugeng Wijayanto , Mahaiswa UNS (kedua dari kiri) didampingi Whulandary Herman, Putri Indonesia 2013 yang juga celebrity endorser Taiwan merangkap juri, Nonita Respati, desainer dan pemilik Batik Purana serta Wayne Lee, Manajer Taitra Jakarta.

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Pengakuan Unesco bahwa batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia menginspirasi banyak pihak untuk mendorong kreatif anak muda Indonesia dalam hal memproduksi motif batik baru lewat sebuah kompetisi bertajuk “Taiwan Excellence Batik Design Competition”

Hal itulah yang dilakukan oleh Taiwan External Trade Development Council (Taitra), lembaga di bawah Biro Perdagagangan Luar Negeri (BOFT) Kementerian Ekonomi Taiwan yang mengapresiasi batik dengan menyelenggarakan kompetisi desain batik tersebut.

“Mengapa kami juga perlu mempromosikan batik Indonesia ke mancanegara karena sedikitnya 55 brand produk lifestyle Taiwan yang sangat beragam juga telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia seperti brand Benq, Acer, Cyberlink, Delta, ADATA, Geniux, Edimax.kata Wayne Lee, Manager Taitra Jakarta.

Produk-produk Taiwan (Taiwan Excellence) di bidang Informasi dan teknologi komunikasi (ICT), Home & Leisure, industri mesin, alat kesehatan, sepeda, alat musik  dan beragam produk inovatif lainnya yang layak dan dapat diandalkan telah menunjang gaya hidup masyarakat Indonesia, ujarnya di dampingi Nita Chen

Oleh karena itu pihaknya menggelar acara “Celebrate Indonesian Pride with Taiwan Excellence, It’s time to Shine”. Acara penyerahan hadiah kompetisi matif batik baru itu diawali dengan pertunjukan musik angklung dari .Rumah Angklung dimana para pemainnya juga mengenakan baju khas Sunda.

Acara ini merupakan kelanjutan dari kompetisi yang digelar pada bulan Agustus hingga September 2014. Setelah melalui proses penjurian yang dilakukan oleh Whulandary Herman, Putri Indonesia 2013 yang juga celebrity endorser Taiwan Excellence 2014, Nonita Respati, desainer dan pemilik Batik Purana serta Wayne Lee, Manajer Taitra Jakarta.

Keluar sebagai pemenang utama dengan hadiah Rp 5 juta dan produk-produk dari Taiwan Excellence adalah Sugeng Wijayanto yang menggabungkan tiga motif batik yaitu  Kawung, Kalimantan dan Madura. Karya Sugeng mampu mengombinasikan motif batik khas Indonesia dengan filosofi Taiwan Excellence. Ia bahkan tidak lupa memakai tumpal dalam desainnya sehingga lebih indah.

Karya Sugeng dinilai sangat mewakili filosofi Taiwan Excellence dan berhasil mengombinasikannya dengan karakteristik batik Indonesia secara harmonis.”Motif Taiwan Excellence yang saya ciptakan menggabungkan motif Madura, Kawung, Kalimantan, dan geometris. Kombinasi motif Kawung yang melambangkan harapan akan kebaikan, kebahagiaan, dan kejayaan dengan unsur Madura dan Kalimantan menggambarkan harapan saya pada Taiwan Excellence untuk terus menyediakan produk inovatif, bernilai dan andal bagi konsumen dunia,” terang Sugeng.

Menurut Sugeng  batik karyanya ini di buat dengan proses manual, mulai dari pembuatan motif hingga pewarnaan. Proses pembuatannya pun hanya membutuhkan waktu satu minggu. “Saya menggunakan sablon malam cair yang prosesnya hampir sama seperti cap dan cepat. Proses pewarnaannya pun manual, semua dicoret dan menggunakan alat yang bernama jegul,” kata Sugeng di damping ibunya.

Wayne Lee mengatakan upaya menggenjot kreativitas dan inovasi anak muda Indonesia terbukti mendatangkan banyak peserta kompetisi. Rencananya, desain dari Sugeng akan dipakai sebagai seragam karyawan Taitra Indonesia pada 2015 mendatang.Taitra juga membuka kantornya di pasar-pasar yang berkembang pesat seperti India, Vietnam, Pilipina dan Tiongkok

Pemenang lain dari kompetisi ini adalah Utsman Amiruddin Sulaiman, Melita Mulyani, Siswo Setyo Utomo, dan Heru Puruhito dalam kompetisi ini peserta umum yang berasal dari berbagai daerah di Jawa dan Bali, diminta untuk menciptakan motif batik baru yang didasari oleh filosofi Taiwan Excellence, yakni bernilai, andal, dan inovatif. (hildasabri@yahoo.com)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.