Tahap I, Pengembangan Investasi Wisata Danau Toba Rp20 Triliun

0
813
Danau Toba (foto: galeriwisata-indonesia.blogspot.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: DANAU Toba yang masuk dalam sepuluh destinasi wisata prioritas, kini mulai digarap serius. Pemerintah menawarkan investasi tahap I senilai Rp10 triliun kepada pihak swasta dalam rangka pengembangan destinasi baru, wisata Danau Toba.

“Sebenarnya total investasi tahap I yang dibutuhkan sebesar Rp20 triliun, dengan rincian Rp10 triliun bersumber dari dana pemerintah sisanya Rp10 triliun ditawarkan ke swasta,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Investasi tahap pertama, lanjut menteri, pemerintah bakal membangun akses infrastruktur dasar, seperti memperluas Bandara Sibisa, membangun pelabuhan dan jalan baru yang memberikan akses lebih cepat dari Bandara Kualanamu menuju wilayah Danau Toba.

“Rancangan jalan baru dari Bandara Kualanamu ke Danau Toba bisa ditempuh dalam tempo 1 setengah jam, sekarang kan 4 jam lebih, sehingga wisatawan lama di perjalanan. Ini tidak efektif,” paparnya.

Dan terkait amenitas, sambung dia, pemerintah menyerahkan kepada pihak swasta atau BUMN, dengan tujuan bisa membangun resort atau lapangan golf dan semacamnya. “Itu membutuhkan investasi sekitar Rp10 triliun,” lontar mantan CEO Telkom Indonesia.

Dengan pengembangan Danau Toba yang baru ini, diharapkan dapat menambah 10 juta wisatawan baru sampai 5 tahun ke depan, sambung menteri pariwisata. (*/e)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.