Tabrak Aturan, Bus Pariwisata Dipakai Angkut Bikers

0
670

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kebijakan Pemprov DKI tentang pelarangan sepeda motor melintas di jalan Thamrin-Merdeka Barat sejak Rabu, 17 Desember 2014, semakin blunder. Pasalnya, bus gratis yang digunakan mengangkut pengendara motor atau bikers adalah bus khusus parawisata, milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Padahal sesuai ketentuan yang diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) No 170 tahun 2014, ditanda tangani plt Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Basuki T Purnama dan ditetapkan pada tanggal 27 Oktober 2014, menyebutkan bus khusus pariwisata harus digunakan bagi wisatawan.

“Ini menunjukkan Ahok menabrak dan melanggar Pergub no 170 tahun 2014 yang dia buat sendiri. Saya jadi ragu terhadap daya ingat Ahok, belum ada dua bulan sudah lupa” papar Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW), Edison Siahaan, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (20/12/2014).

Dijelaskan, sesuai Pergub No 170 tahun 2014, penggunaan bus parawisata tersebut adalah khusus, dan pengelolaannya ditangani oleh Dinas Parawisata dan Kebudayaan Pemprov DKI.

Bab II Pasal 3 ayat 1 Pergub No 170 tahun 2014 disebutkan “ Bus angkutan Parawisata dioperasikan khusus bagi pelayanan wisatawan yang akan berkunjung ke dan dari kawasan parawisata, dan tidak dipungut biaya atau gratis.

Pasal 8 juga menegaskan, pengelolaan bus angkutan parawisata dilaksanakan oleh Dinas Parawisata dan Kebudayaan. Sedangkan Pasal 11 menyebut, biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan pelayanan bus angkutan parawisata dibebankan pada APBD Dinas Parawisata dan Kebudayaan Pemprov DKI.

Kebijakan penggunaan bus pariwisata, lanjut dia, adalah bentuk penyalahgunaan wewenang. Tentu akan ada konsekuensi hukum yang harus di pertanggungjawabkan. “Korupsi itu tidak harus menimbulkan kerugian negara, penyalahgunaan wewenang juga masuk katagori tindak pidana korupsi,” lontarnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.