Surga Bawah Laut Bolsel Ditawarkan ke Wisatawan

0
931
Diving (Foto: http://www.frenchiesdivingbelize.com

BOLAANG MONGONDOW, bisniswisata.co.id: Sulawesi Utara menyimpan banyak keindahan bawah laut, mulai dari Taman Nasional Bunaken sampai Selat Lembeh. Tapi, wisatawan yang hobi menyelam juga wajib mendatangi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Kini surga bawah laut ditawarkan ke wisatawan yang hoby diving, snorkling dan swimming.

Sejumlah pantai cantik yang masih satu kawasan dengan Teluk Tomini ini siap untuk dijelajahi, mulai dari Pantai Molibagu, Pantai Biniha sampai Pantai Modisi.

Untuk sampai ke sana, wisatawan bisa mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Manado atau Bandara Jalaluddin, Gorontalo. Untuk durasi perjalanan yang lebih singkat, wisatawan disarankan untuk mendarat di Gorontalo, karena bisa mencapai Bolsel dengan perjalanan darat selama 3,5 jam.

Selama perjalanan, bukit dan pepohonan besar menyapu pandangan mata. Jalanan yang berkelok-kelok pun mengingatkan diri akan lukisan pemandangan gunung dalam buku cerita anak.

Tanjung yang menjorok ke arah lautan lepas menjadi titik penyelaman pertama. Disebut titik penyelaman Lion, medan penyelamanannya berkontur wall dan berarus kencang, sehingga banyak ikan berukuran besar seperti ikan barakuda, ikan grouper dan ikan rainbow runner yang melintas di antara terumbu karang berwarna-warni.

Melanjutkan perjalanan satu setengah jam dari Lion, titik penyelaman ke-dua ialah Barracuda Point, yang terletak di Pantai Soputa, kota Molibagu.

Di sini, terdapat agen wisata selam bernama Bolsel Diving Club yang juga menyediakan layanan penginapan. Pemandu dari agen wisata ini mengetahui banyak titik-titik penyelaman yang menarik, sehingga sering menjadi andalan wisatawan yang datang.

Medan penyelaman di titik ke-dua berupa pantai berbatu dengan perairan yang jernih. Sesuai namanya, ratusan ikan barakuda langsung menyambut riang wisatawan yang sedang menyelam.

Selain ikan barakuda, terlihat juga sponge tube barrel berukuran besar beserta sea fan garden beraneka warna. Titik penyelaman terakhir adalah Sakau Point, yang berada di Pantai Desa Milang Odaa. Sama seperti titik pertama, medan penyelaman di sini berarus kuat dan dilalui banyak ikan besar.

Walau terdengar menakutkan, namun pemandangan bawah lautnya tidak kalah indah dari titik ke-dua. Wisatawan bisa mengabadikan banyak foto dari gorgonia sea fan garden yang berwarna-warni.

Secara keseluruhan, terdapat seitar 164 titik selam di Bolsel. Untuk merasakan lebih banyak lagi titik penyelaman, wisatawan bisa menghabiskan waktu seminggu di sana.

Keindahan Bolsel tidak hanya di bawah lautnya. Terdapat juga Goa Paniki Lion, Air Terjun Biniha dan Penangkaran Burung Maleo yang patut dikunjungi.

Soal urusan perut juga jangan khawatir, karena setiap hari ada saja menu hidangan laut segar yang diolah. Di Pantai Sondana, pusat wisata kuliner di Bolsel, menu ikan bakar dengan rasa manis dan gurih laris dipesan. (*/CIO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.