Sumenep Kembangkan Wisata Bahari Pulau Gililabak

0
2516

SUMENEP, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, mengembangkan Pulau Gililawak atau Gililabak (versi warga setempat), Kecamatan Talango, sebagai kawasan wisata bahari, yang direalisasikan tahun 2016.

“Tahun ini, kami belum memungkinkan untuk merealisasikan program pengembangan Pulau Gililawak, karena keterbatasan alokasi dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD),” ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Selasa (8/9/2015).

Pulau Gililawak memiliki bentangan pasir putih dengan ombak landai plus pemandangan bawah lautnya memang dinilai layak untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata bahari. Sejak beberapa waktu lalu, banyak wisatawan berkunjung ke pulau berpenghuni itu yang posisinya terpisah dengan ibu kota desa maupun kecamatan atau pulau tersendiri.

“Konsep atau format pengembangan Pulau Gililawak sebagai lokasi wisata bahari sudah kami siapkan. Dalam konsep tersebut, memang ada rencana pembangunan sejumlah fasilitas penunjang supaya para pengunjung merasa lebih nyaman selama berada di Pulau Gililawak,” kata Sufiyanto.

Pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk memasukkan program pengembangan Pulau Gililawak itu sebagai salah satu kegiatan pada APBD 2016. “Ini tentu membutuhkan dukungan dari anggota DPRD Sumenep. Semoga saja usulan kami disetujui oleh anggota DPRD Sumenep dan selanjutnya program pengembangan Pulau Gililawak yang sudah kami siapkan itu bisa direalisasikan pada 2016,” ujarnya.

Hingga sekarang Pulau Gililawak belum dikelola secara resmi sebagai lokasi wisata oleh pemerintah daerah. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Gililabak harus menyewa perahu. Kalau mau transit lebih dulu ke Pulau Talango, wisatawan naik perahu motor penumpang (reguler) dari Pelabuhan Kalianget dan naik perahu (sewa) lagi dari Pantai Desa Kombang ke Pulau Gililabak dengan waktu tempuh pada kisaran 30 menit hingga 45 menit.

Sementara jika tak ingin transit ke Pulau Talango, wisatawan langsung naik perahu sewa dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Gililawak dengan waktu tempuh sekitar 90 menit hingga 120 menit. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.