Sumba dan Maumere Objek Wisata Favorit Tara Basro

0
851

Tara Basro, model dan aktris Indonesia yang terpilih menjadi co-host The Amazing Race Asia ( foto:  adji, fikri-humaskemnepar)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Indonesia melimpah destinasi atau daerah tujuan wisatanya, 10 di antaranya adalah destinasi paling top, dan 5 di antaranya terpilih menjadi lokasi syuting The Amazing Race Asia atau disingkat TARA untuk musim ke-5.

Tapi di antara 5 destinasi top Indonesia itu, tak satupun yang menjadi favorit Tara Basro, model dan aktris Indonesia yang terpilih menjadi co-host TARA Season 5 yang tayang di saluran hiburan ternama di Asia, AXN. “Aku lebih memilih kawasan Indonesia Timur. Objek wisata favoritku Sumba dan Maumere,” ujar Tara Basro di Fairmont Hotel, Jakarta, travelplusindonesia.blogspot.co.id.

Wanita berambut panjang dan kini dipotong pendek ala Demi Moore ini punya alasan tersendiri mengapa dia sampai jatuh cinta dan akhirnya memutuskan memilih kedua daerah itu sebagai lokasi liburan idamannya.

“Di kedua tempat itu, aku merasa seperti di rumah,” ujar bintang film yang tahun ini baru menyelesaikan dua film layar lebar terbarunya yang berjudul 3 Srikandi dan Ini Kisah Tiga Dara, serta sebuah TV series berjudul Halfword yang tayang di HBO Asia.

Bagi best actress Piala Citra 2015 ini, menjadi co-host Tara Season 5 merupakan peluang emas untuk turut mempromosikan destinasi wisata yang dimiliki Indonesia, terutama 5 destinasi yang terpilih sebagai lokasi syuting, yakni Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bandung, dan Banyuwangi.

“Acara ini jadi opportunity bagi gue untuk kenalkan Indonesia ke dunia. Ya karena semua orang tahu Amazing Race, itu yang bikin gue seneng,” tambah perempuan kelahiran Jakarta ini.

Lewat program serial traveling & adventuring yang kali ini disponsori Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempromosiknan Wonderful Indonesia ini, Tara jadi bisa memperkenalkan dua destinasi favoritnya tadi yakni Sumba dan Maumere.

Menpar Arief Yahya ( kedua dari kiri)
Menpar Arief Yahya ( kedua dari kanan)

Bukan cuma itu, dia bisa sekaligus memberi masukan buat wisatawan dan seluruh masyarakat demi kebaikan dan kemajuan pariwisata Indonesia. “Simple aja, saat berwisata, buanglah sampah pada tempatnya. Intinya jaga kebersihan,” imbaunya.

Lalu apa keistimewaan Maumere dan Sumba hingga difavoritkan Tara Basro? Ternyata di Maumere, salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memiliki sejumlah objek wisata yang memesona.

Ada Gunung Egon, Taman Laut Teluk Maumere, Pantai Kajuwulu, Pantai Patiahu, sejumlah desa tradisional seperti Desa Nuabari, Paga, dan desa Lela, Bukit Nilo, Desa Wisata Doka, serta sejumlah lokasi diving dan snorkeling. Tak heran kalau Maumere menjadi pintu gerbang wilayah Timur Pulau Flores, NTT.

Sedangkan Sumba masih di NTT, yang terdiri dari Kabupaten Sumba Barat, Sumba Timur, Sumba Tengah, dan Sumba Barat Daya, objek wisatanya lebih banyak lagi. Di Sumba Barat Daya misalnya ada Danau Weekuri yang disebut-sebut primadonya kabupaten ini. Lalu ada sejumlah pantai seperti Mandorak, Waibuku, Watu Maladong, dan Pantai Tanjung Mbulir. Selain itu ada Air Terjun Pabeti Lakera dan Air Terjun Dikira.

Kampung tradisional di NTT.
Kampung tradisional di NTT.

Di sumba Timur ada Bukit Wairinding, Desa Adat Rende, Padang Savana Lapawu, Pantai Walakiri, dan Cemara Resort. Sementara di Sumba Barat ada sederet pantai seperti Marosi, Lai Liang, Mambang, Pahiwi, dan Pantai Rua serta Air Terjun Lapopu.

Tak ketinggalan sejumlah Kampung Tradisional seperti Prai Goli, Malisu, Ombarade, Prai Ijing, Tarung & Waitabar, Dikita, Gollu & Bodo Maroto serta Kampung Sodan, dan tentunya Nihi Watu Beach resort yang baru-nbaru ini mendapatkan predikat sebagai hotel terbaik di dunia.

Di Sumba Tengah ada Gua Alam, Kuburan Megalitik, Airterjun Matayangu, dan sejumlah kampung tradisional seperti Padabar dan Pasunga, serta sederet pantai antara lain Pantai Aili dan Konda Maloba.

Melihat daftar kekayaan dan keanekaragaman objek wisata baik alam dan budaya di Maumere dan Pulau Sumba, tak heran kalau Tara Basro menjadikan keduanya sebagai objek wisata favoritnya (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.