Sukabumi Tunggu Bandara Citarete

0
1525


SUKABUMI, test.test.bisniswisata.co.id:
Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bakal memiliki bandar udara di Kecamatan Surade. Bupati Sukabumi Sukmawijaya mengaku sudah memberi nama Bandara Citarete.

“Pembangunan bandara masih dalam pembahasan di tingkat provinsi dan pemerintah pusat. Saya belum dapat informasi kapan pembangunannya akan dimulai,” papar Sukmawijaya, seperti dilansir laman MI.com, Senin (20/4/2015).

Diakuinya, keberadaan Bandara Citarete ini sangat strategis karena akan bersinergi dengan pengembangan sektor pariwisata, khususnya wisata Geopark Ciletuh di Kecamatan Ciemas. Juga industri agromarine.

Keberadaan bandara dengan konsep pariwisata ini, tidak lepas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi yang berhasil melakukan promosi besar-besaran bidang pariwisata dan investor dalam pengembangan wilayah dan agromarine.

Pemkab Sukabumi juga telah memproses perizinan dari Kementerian Perhubungan RI. “Dimensi bandara ini adalah ‘runway’ sepanjang sembilan kilometer dan lebar 30-60 meter, dan untuk akses jalan ke lokasi melalui jalan arteri sekunder (jalan provinsi) dari Pelabuhan Ratu ke Surade melalui Ciemas,” ungkapnya.

Sekda Kabupaten Sukabumi Adjo Sardjono menambahkan, bandara akan berdampak terhadap peningkatan berbagai sektor. ”Bisa meningkatkan sektor pariwisata, pertanian, atau perikanan karena akses bisa lebih mudah ditempuh,” tandasnya. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here