Sudah Memprihatinkan, Museum di Indonesia Sepi Pengunjung

0
1378
wisatawan kunjungi museum nasional jakarta

JAKARTA, BISNISWISATA.CO.ID: Ketua Umum Museum Indonesia, Putu Supadma Rudana menilai kondisi museum di Indonesia kini semakin memprihatinkan, merana, menyedihkan sehingga sepi pengunjung.

“Ada banyak hal yang membuat museum di Indonesia kondisinya sangat memperihatinkan. Program revitalisasi museum yang dilakukan selama ini tidak menyentuh aspek penting. Dana yang digunakan, biasanya hanya untuk mengubah tata letaknya saja,” papar Putu bersama Timnya usai melakukan kunjungan ke Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danarhadi, Monumen Pers Solo, Senin (2/3/2015).

Dilanjutkan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke museum saat ini Asosiasi Museum Indonesia melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan maupun Dinas Pariwisata. “Dengan kerjasama itu, kami ingin sekolah-sekolah atau perguruan tinggi memiliki rencana pembelajaran ke museum. Demikian juga untuk program-program pariwisata,” katanya.

Putu menilai saat ini kebanyakan pengelola museum lebih mengutamakan profit dengan memanfaatkan koleksi benda atau cerita bersejarah. “Banyak pengelola yang hanya mencari keuntungan saja. Padahal museum merupakan tempat benefit bagi para pengunjungnya supaya mendapat ilmu pengetahuan, gagasan, atau ide-ide,” tandasnya seperti diunduh laman Merdeka.com

Selain itu, ia juga mengimbau agar pengelola museum bekerjasama dengan seniman atau budayawan di sekitar lokasi. Pihaknya juga mengaku terus berusaha mengembalikan benda bersejarah milik bangsa ini yang ada di luar negeri. “Benda bersejarah dan museum itu merupakan perekat antara masa lalu, masa kini dan masa depan,” pungkasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.