Street Race Circuit bakal Dibangun di Destinasi Mandalika

0
680

MATARAM, bisniswisata.co.id: Solusi menggejot Pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB), melalui sport tourism. PT Indonesia Tourism Development Corporation(ITDC) rencana membangun Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) pertama di dunia, yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) Pariwisata Mandalika, Lombok, NTB.

Rencana pembangunan diawali penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ITDC dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk l Consulting, dua perusahaan perancang, pengembang, dan operator sirkuit balap motor global, pada 20 Januari 2017.

Sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep, sirkuit di Mandalika akan dibangun dengan standar FIM and FIA untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor, dan menawarkan sejumlah keunggulan yang membuat sirkuit dicanangkan untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Mandalika.

Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama ITDC, mengatakan Sirkuit jalan raya Mandalika akan menjadi satu-satunya sirkuit jalanan di dunia yang menawarkan panorama indah.

“Struktur alam sekitar sirkuit juga secara alami akan menyediakan puncak-puncak bukit dimana pengunjung dapat memandang sirkuit secara terbuka sambil menikmati keindahan tepi laut dan area terbuka hijau,” ujar Abdulbar dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Kamis (26/1/2017).

Penandatanganan MoU akan diikuti oleh pengembangan disain dalam beberapa bulan ke depan serta perencanaan untuk menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Balap Motor Grand Prix Mandalika pada 2019.

Nick Morley, Managing Director Roadgrip Motorsports UK Ltd, memaparkan pihaknya akan menyediakan jasa penyelenggaraan proyek kejuaraan balap dunia yang lengkap untuk Grand Prix Mandalika. Mulai dari penyiapan dan pembangunan trek, konsultasi dan usaha pendanaan.

“Kami yakin proyek ini akan memberikan dampak ekonomi dan pembukaan lapangan pekerjaan di Mandalika dan Lombok,” ujar Nick Morley. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.