Standing Ovation Buat Desainer Muslim Indonesia

0
629
Karya Anniesa Hasibuan di New York Fashion Week (Foto: metro.co.uk)

NEW YORK, test.test.bisniswisata.co.id: Desainer muslim Indonesia Anniesa Hasibuan membuat sejarah di ajang pekan fesyen New York Week, yang digelar pada 7-15 September 2016. Pasalnya, selama perhelatan ajang fesyen kenamaan di negara Adi Kuasa itu, baru pertama kalinya ada tepuk tangan sambil berdiri atau standing ovation.

“Dan standing ovation itu diberikan pada Anniesa, yang notabene baru pertama kali tampil. Sekaligus orang Indonesia pertama yang menampilkan koleksi busana Muslim di ajang internasional,” papar Juru bicara pekan fesyen New York Lori Riviere seperti dikutip CNN, Ahad (18/09/2016).

Bahkan, media fashion dan hiburan asal Prancis, ELLE, tidak bagi Anniesa Hasibuan yang laik dapat perhatian. “Hasibuan mendapat standing ovation di sana, sebuah hal yang jarang terlihat. Tak buruk untuk sebuah bisnis yang baru berjalan setahun,” tulis ELLE di laman resminya, belum lama ini.

Perancang busana asal Indonesia itu, bukan hanya jadi desainer pertama Indonesia yang menunjukkan rancangan busananya di arena NYFW, Moynihan Station, tapi juga jadi desainer pertama yang menampilkan koleksi pakaian yang seluruhnya dilengkapi hijab, lanjut ELLE.

Penampilan karya Anniesa riuh disuarakan netizen. Penulis, aktivis, dan pendiri lembaga nirlaba The Cure For Tommorow, Alanda Kariza menyampaikan rasa bangganya kepada Anniesa Hasibuan. “Bangga dengan #AnniesaHasibuan perancang busana Muslimah yang menciptakan gebrakan di @NYFW16!,” tulis Alanda dalam Bahasa Inggri melalui akunnya @alandakariza.

Reporter senior BuzzFeed, Aisha S. Gani, juga menyampaikan hal menarik dari peragaan busana Anniesa Hasibuan. “Yang menjadi favorit saya tentang #AnniesaHasibuan di #NYFW adalah pakaian yang ditampilkannya begitu menarik dan tidak semua model yang memeragakan berkulit putih,” ungkap pemilik akun @aishagani itu.

Di akun Instagram @anniesahasibuan, sanjungan juga nampak diberikan tak hanya dari warga Indonesia, tapi juga warga asing. Pemilik akun @haidarbana menyatakan rasa sukanya pada kerya Anniesa. ”Saya suka sekali karyamu, saudari. Fashionable, longgar, panjang, dan menutup tubuh,” tulis @haidarbana.

Seseorang yang mengaku warga Iran dengan akun @fetemeh3n memuji karya Anniesa. “Karyamu luar biasa,” ungkap dia.
Bahkan, atlet Olympiade AS cabang renang indah, Mariya Koroleva juga tertarik dengan karya Anniesa.

Kepada media, Anniesa mengaku, ia ingin membawa Indonesia ke dunia fashion global. Untuk itu, Anniesa menggunakan medium busana untuk memperkenalkan perbedaan dan keberagaman Indonesia.

Dengan koleksi yang seluruhnya menampilkan hijab, desainer Muslim Indonesia Anniesa Hasibuan mencetak sejarah di New York Fashion Week 2016. Pertunjukkan, penonton memberikan standing ovation atas 48 koleksi busana yang ditampilkan dengan tajuk De Jayakarta itu.

Dalam koleksi yang ditampilkan Anniesa, hijab dipadankan dengan gaun, setelan kemeja, kimono, dan tunik dari bahan sutera aneka warna, beludru, brokad, yang dipadu dengan payet dan mutiara.

Wanita berusia 30 tahun itu berhasil mencuri perhatian penonton dengan menjadi desainer pertama yang menampilkan hijab di semua koleksinya di panggung peragaan New York Fashion Week.

Anniesa sendiri sangat terharu dan sempat menangis di belakang panggung. Momen itu begitu emosional baginya. Ia mengatakan, sangat bangga dan berterima kasih pada semua pihak yang membantunya serta kepada media internasional dan nasional dari Indonesia yang mengekspos pameran busananya. “Saya tidak menyangka hasilnya akan luar biasa seperti ini. Saya gemetar sekaligus tersentuh dengan sambutan yang diberikan,” ungkap Anniesa.

Diketahui, busana Muslim Anniesa terinspirasi dari ragam perbedaan dari Jakarta. Sebelumnya, ia juga pernah menggelar fashion show di London pada Maret 2015. (*/NDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here