Sosialisasikan Sensor Mandiri, LSF Selenggarakan Anugrah 2017

0
1029

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Lembaga Sensor Film ( LSF) membuat gebrakan baru dengan menyelenggarakan Anugerah LSF 2017, Oktober mendatang, kata  Imam Soehardjo, Ketua Panitia Anugerah LSF 2017, hari ini.

“Anugerah ini untuk meningkatkan kesadaran para pemilik film dalam mematuh kewajiban kepemilikan Surat Tanda Lulus Sensor (STLS),” ujar Imam Soehardjo, yang juga anggota LSF periode 2015-2019.

Menurut dia belum banyak perusahaan bahkan  televisi yang memenuhi kewajibannya mencantumkan Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) saat penayangan. Undang-Undang Perfilman No. 33 Tahun 2009, antara lain mengharuskan setiap film dan iklan film yang akan diedarkan dan/atau dipertunjukkan wajib memperoleh  STLS dan mencantumkannya saat penayangan.

Ada tiga kategori film yang dipertimbangkan untuk mendapatkan Anugerah LSF 2017, yakni film bioskop, film televisi, dan serial televisi. Film yang dinilai adalah yang telah lulus sensor pada 2016-Agustus 2017.

“Penilaian film dititikberatkan pada sisi penyensoran, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2014 tentang Lembaga Sensor Film,” ujar Imam.

Kriteria lain, film yang lebih mengedepankan unsur edukasi dan kearifan lokal. Selain itu, film-film yang lebih mengutamakan sumber daya manusia lokal, baik artis maupun tim produksinya.

Para penilainya adalah anggota dan tenaga sensor LSF . Pada masa kepemimpinan Hj.Titie Said Sadikun, LSF pernah menyelenggarakan acara serupa. “Namun, kali ini jauh lebih besar baik dalam event maupun hadiahnya. Program ini merupakan kelengkapan dari program utama LSF saat ini, yaitu “Sensor Mandiri”.

Menurut Ketua LSF Dr.Ahmad Yani Basuki, “Sensor Mandiri” adalah ajakan kepada para pemilik film agar dalam memproduksi film-filmya memperhatikan kriteria penyensoran yang dianjurkan oleh LSF. Program Sensor Mandiri juga mengajak masyarakat penonton aktif memilah dan memilih film-film yang akan ditonton, antara lain dalam klasifikasi usia.

“Maka Anugerah LSF 2017 merupakan apresiasi bagi mereka yang secara sadar ikut menyukseskan Sensor Mandiri,” ujar Ketua LSF.

Itu sebabnya, LSF juga menggelar lomba untuk umum bertema “Sensor Mandiri”. Berupa lomba penulisan artikel, lomba poster, dan lomba iklan layanan masyarakat (ILM), dengan hadiah utama Rp10 juta. Pengumuman dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2017. (Rita Sri Hastuti).

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.