Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Wiryanti Tekankan Pentingnya Kebhinekaan

0
812

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Sosialisasi empat pilar kebangsaan antara lain, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika terus digencarkan di berbagai kalangan dalam kondisi saat ini, agar masyarakat selalu ingat arti pentingnya pilar kebangsaan, pentingnya kebhinekaan, pentingnya memahami hidup rukun di Indonesia. Juga penting karena merupakan konsensus nasional yang harus menjadi rujukan berperilaku dalam berbangsa dan bernegara.

Bahkan melalui sosialisasi, dapat memberi pemahaman bagi masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Lebih dari itu berbagai konflik yang sedang maupun yang akan terjadi di negeri ini agar dapat diredam atau diselesaikan dengan baik.

“Ini juga merupakan suatu upaya untuk mencegah berbagai konflik yang cenderung terjadi di daerah-daerah di Indonesia yang dapat memecah rasa persatuan dan kesatuan bangsa,” papar Dra. Wiryanti Sukamdani CHA, anggota MPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari daerah pemilihan Jakarta Timur saat melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di wilayah kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, kemarin.

Mantan Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengakui betapa pentingnya arti 4 pilar bangsa dalam menghalau setiap ancaman disintegrasi bangsa. Bahkan, setiap warga negara wajib menjaga keamanan dilingkungan masing – masing dari segala ancaman yang mengganggu ketertiban.

Karenanya, sambung Wiryanti Sukamdani, tujuan sosiialisasi 4 pilar ini untuk mengingatkan kepada masyarakat  untuk selalu memegang teguh prinsip-prinsip Kebhinekaan bangsa Indonesia. Prinsip kebhinekaan dan Pancasila selama ini mampu mempertahankan dan menjaga NKRI.

“NKRI lahir dari keberbedaan baik itu suku, bahasa, agama dan ras,” ujar Wiryanti disambut tepuk tangan dari puluhan peserta yang hadir.

Dihimbau kepada masyarakat khususnya Jakarta Timur, agar terus menjaga silahturahmi dan kerjasama dengan azas gotong royong yang sudah ditanamkan Bung Karno sebagai pendiri bangsa.

“Dengan pelaksanaan 4 pilar kebangsaan ini kiranya seluruh masyarakat semakin mengerti pentingnya toleransi, kebhinekaan dan nasionalisme didalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas anggota Komisi X DPR RI .

“Jadi kita jangan mempermasalahkan siapa, darimana, apa agama, serta warna kulit dan suku. Semua itu tidak boleh dibedakan karena cita-cita bangsa Indonesia yang harus diperjuangkan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wiryanti Sukamdani juga menyerap berbagai aspirasi para warga Jatinegara Jakarta Timur peserta sosialisasi. “Asprasi masyarakat ini akan dibawa ke DPR RI untuk diteruskan ke pemerintah pusat,” tambahnya. (*/NDIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.