Sinergi YWK dan ESQ gelar Deklarasi  7 Budi Utama Sambut Pra Milad ESQ ke 17.

0
465

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Kegiatan pra milad ESQ ke 17 selama dua hari berlangsung meriah di Cipanas, Jabar, dengan menggelar sebelas kegiatan menggandeng Yayasan Wijaya Kusumah ( YWK) , ungkap Prof. Dr. Evvy Kartini, Ketua Panitia, hari ini.

Prof Dr Evvy Kartini yang juga Wakil Ketua Yayasan Wijaya Kusumah (YWK) mengatakan berbagai kegiatan di gelar selama dua hari tepatnya di Jl.Hanjawar no.62 Pacet Cianjur, Desa Cipendawa.

“Sehari setelah perayaan Hari Kartini kami menggelar pengobatan gratis untuk 400 warga kurang mampu yang di selenggarakan bekerjasama dengan Lembaga Kemanusian ESQ yang dipimpin oleh Lea Irawan dan puskesmas setempat,“  ujarnya sambil menambahkan pengobatan semula untuk 300 orang namun sampai sore ada tambahan hingga 100 orang lagi.

Kegiatan sudah dimulai pada Sabtu 22/4 dengan menyelenggarakan pula khitanan massal untuk 40 anak. “ Peserta sunatan dari TK Wijaya Kusumah hanya 5 orang, sisanya dari berbagai desa tetangga  yang antusias datang bersama orangtuanya hingga total mencapai 40 anak,” ujarnya penuh haru melihat antusiasnya warga merespon program-programnya.

Secara maraton selain pengobatan gratis dan sunatan juga digelar pasar murah di lingkungan sekolah dan Rumah Sehat yang ada. Kegiatan lainnya adalah Trashion Show atau fashion show dengan bahan daur ulang dari sampah.

Evvy mengatakan trashion Show adalah kreativitas orangtua dan anak-anaknya yang masih duduk di usia dini untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi produk fashion. Sementara bazar murah adalah busana layak pakai yang dijual dengan harga murah berkisar Rp 5000/ potong.

“Sore itu sekitar 500 orang mengikuti berbagai kegiatan termasuk lomba futsal oleh alumni TK yang kami gelar dan semua bahagia termasuk-anak yang ikut sunatan karena mendapat hadiah ” kata Evvy Kartini, satu dari 10 ahli nuklir internasional ini.

Di Indonesia, teknologi tenaga nuklir masih menjadi hal yang asing. Namun ternyata Doktor (rerum naturalium) Evvy Kartini ini sesuai namanya merupakan Kartini masa kini yang dikenal sebagai ilmuwan penemu penghantar listrik berbahan gelas.Alumni pelatihan ESQ ini memiliki kepedulian yang tinggi di bidang sosial pula.

Sore hari bersama bundanya tecinta Hj. Hakim, Prof Evvy Kartini menyelenggarakan perayaan Isra Miraj dengan tema” Momentum Isra Mi’raj untuk Kebangkitan Generasi Muda dan Kepedulian Sosial” yang ceramahnya disampaikan oleh Lea Irawan selaku Ketua Lembaga Kemanusian ESQ.

Pentingnya, memperingati Isra Mi ’raj, untuk mengingat perjuangan Rasul Muhammad SAW yang sangat peduli terhadap kemajuan masyarakat dan sosial. Acara Peringatan Isra Mi’raj diadakan bersama pengajian dari Majlis Ta’lim AL Hidayah, diikuti dengan pembagian sembako terhadap 150 dhuafa di sekitar.  

“Puncak acara berlangsung di hari kedua, Minggu 23/4 dengan diawali kegiatan jalan sehat dan sarapan bersama 300 orang peserta mulai dari anak-anak hingga lansia. Peserta terdiri dari Pengurus Yayasan Wjaya Kusumah, guru, alumni, murid, orang tua, dan para undangan,”

Peringatan Isra Miraj dengan penceranah Hj Lea Irawan dari LKESQ

Hadir dari Jakarta mewakili ESQ selain Tim LK ESQ, adalah para pembina Forum Komunikasi Alumni ( FKA) ESQ seperti Ayah Darwis dan bunda Yuli serta Wakil Ketua Umum FKA ESQ,  Nanan Sukarna yang juga mantan Waka POLRI memimpin Deklarasi 7 Budi Utama, nilai-nilai yang ditanamkan dalam setiap pelatihan ESQ.

“Jadi setelah jalan sehat kami meresmikan  Gedung Taman kanak-kanak Wijaya Kusuma dipimpin langsung  Komjen Pur. Nanan Soekarna  agar anak-anak sejak usia dini  menerapkan 7 nilai Budi Utama yaitu Jujur dan terpecaya, bertanggungjawab, visioner, disiplin, kerja sama, adil dan peduli,” ungkap Evvy Kartini.

Kegiatan pra milad ESQ ke 17 yang diintegrasikan dengan kegiatan milad Yayasan Wijaya Kusumah ke 46 tahun ini karena sama-sama ingin membangun karakter bangsa karena itu peresmian Gedung TK WIjaya Kusumah yang baru direnovasi ini diharapkan bisa mencetak sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas di masa depan.

Penandatanganan prasasti gedung baru dilakukan  oleh  Dr. H.Eddy Djuanaedi SH, MCJ, dan Dra.H.Siti Aminah DJuanedi yang akrab dipanggil bunda Hakim,  pendiri YWK selama 45 tahun. Kepengurusan kemudian  di regenerasikan kepada  ketiga putrinya, Dr. Etty Nurwati (Ketua YWK), Prof. Dr. Evvy Kartini dan Ir. Eva Hidayati.

“ Pentingnya pendidikan karakter sejak dini diawali dari TK dan dari desa yang juga  merupakan misi dari ESQ. Untuk itu, dalam rangkaian pra milad ESQ dan milad YWK, bersama-sama kami mendeklarasikan 7 Budi Utama ESQ, yang dipimpin langsung oleh Bpk. Komjen Purn. Nanan Soekarna,”  kata Prof Dr Evvy Kartini.Pihaknya berharap pendidikan Taman Kanak-kanak yang dikelola oleh YWK dapat berkontribusi menghasilkan para pemimpin bangsa di negara ini yang mampu menerapkan 7 Budi Utama dalam memimpin bangsa dan negara tercinta ini, tegasnya. ( Hilda Ansariah Sabri)

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.