Serbuan Zika, Pariwisata Puerto Rico Tetap Kondusif

0
490
San Juan Puerto Rico

SAN JUAN PUERTO RICO, bisniswisata.co.id: Badan Pariwisata Puerto Rico (PRTC) menyatakan kalau kondisi pariwisata di kawasannya tetap kondusif, meski terjadi penyebaran virus Zika di Kepulauan Karibia. Hebatnya lagi, jumlah kunjungan wisatawan menunjukkan peningkatkan dari tahun sebelumnya.

“Industri pariwisata di Puerto Rico tetap bertahan di tengah tahun yang sulit ini,” kata Ingrid Rivera, Direktur Eksekutif PRTC, seperti dilansir laman AFP, Sabtu (10/12/2016).

PRTC menilai keberhasilan itu dikarenakan aktifnya kampanye yang dilakukan oleh PRTC, yang selalu memberikan informasi dan imbauan positif kepada wisatawan agar tak takut untuk berkunjung, walau isu penyebaran virus Zika sedang santer.

Dalam salah satu kampanyenya, PRTC menyarankan agar wisatawan selalu menggunakan cairan anti-nyamuk selama berkunjung. Industri pariwisata menyumbang sebanyak US$4 miliar (sekitar Rp53,3 triliun) untuk perekonomian Puerto Rico sampai September ini.

Di periode yang sama, tingkat keterisian hotel pun meningkat sebanyak 1,4 persen dari tahun lalu. “Industri pariwisata telah menyelamatkan Puerto Rico dari resesi ekonomi yang menerpa pada lima tahun yang lalu,” ungkapnya.

Hingga Kamis (8/12), telah ditemukan sebanyak lebih dari 32.848 kasus virus Zika di sana, seperti yang dikutip dari pernyataan Pusat Pengendalian Wabah Amerika Serikat (CDC).

CDC juga menyatakan, kalau ditemukan 185 kasus di Amerika Serikat, yang sebagian besar terjadi di Florida. Satu kasus terjadi di Texas. Virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti itu mulai menyebar pada pertengahan 2015. Saat ini, Amerika Latin dan Kepulauan Karibia terus berusaha menanggulangi penularan wabahnya. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.