Sepuluh Menit Take Off, Garuda Gagal Terbang ke Manado

0
2165

MANADO, test.test.bisniswisata.co.id: Pesawat Garuda Indonesia GA683 rute Ternate-Manado, gagal terbang ke Manado setelah sepuluh menit take off dari Bandara Sultan Baabulah Ternate. Pesawat plat merah itu, terpaksa kembali lagi ke Ternate karena gangguan teknis.

“Iya betul, tidak jadi berangkat karena pilot memutuskan untuk kembali dilakukan pengecekan. Alasan teknisnya karena nose wheel pesawat tidak bisa masuk. Landing gear bagian depannya pada saat take off tidak dapat menarik masuk ke tempatnya,” kata General Manager Garuda Ternate, Firman, Sabtu (11/4/2015).

Peristiwa itu terjadi Jumat (10/4/2015). Namun, konfirmasi terkait insiden tersebut baru bisa dilakukan oleh Firman pada hari ini. Salah satu penumpang di pesawat itu menyampaikan bahwa pendaratan kembali dilakukan cukup kencang.

“Waktu kejadian kemarin, kru di darat terlihat berlarian, sudah siap dengan tabung pemadam kebakaran dan mobil pengawas juga bersiaga. Jelas kami cukup panik dengan situasi itu,” kata dia seperti diunduh laman Kompas.com.

Penumpang itu mengaku melakukan check-in sekitar pukul 12.00 Wita, lalu boarding pada pukul 13.12 Wita. Dua puluh menit kemudian pesawat bersiap untuk take off.

“Sekitar tiga menit setelah take off terasa pesawat mengerem mendadak. Badan pesawat sempat oleng dan hilang keseimbangan, tetapi bisa terbang. Sepuluh menit kemudian ada announcement bahwa pesawat harus mendarat kembali karena ada gangguan teknis,” jelasnya.

Setelah sekitar 45 menit kemudian, penerbangan itu dibatalkan dan penumpang dialihkan ke ruang tunggu. Para penumpang kemudian diberikan tiga pilihan, pengembalian uang tiket, pulang ke rumah, atau diinapkan di hotel. “Saya memilih menginap di hotel dan hari ini sudah bersiap ke Manado dengan pesawat pengganti dari Garuda,” ujar dia. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.