September 2017, Kereta Bandara Soekarno Hatta Beroperasi

0
409
Presiden Jokowi Meninjau Kereta Api Bandara Soekarno Hatta (Foto: http://energitoday.com/)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek kereta bandara Soekarno Hatta akan selesai tahun ini. Kereta bandara internasional ini diharapkan bisa mulai beroperasi pada September ini.

Budi menjelaskan beberapa stasiun yang menjadi tempat berhentinya kereta bandara akan selesai dibangun pada Juni. Stasiun seperti Sudirman, Duri dan Batu Ceper akan diselesaikan Juni tahun ini.

Namun disatu sisi Budi menjelaskan untuk di stasiun Batu Ceper sendiri pemerintah akan fokus menyelesaikan kasus sengketa tanah terlebih dulu. Saat ini menurut Budi sudah masuk dalam persidangan dan tinggal diputuskan.

“Berkaitan dengan tanah, apabila itu selesai maka bulan Juni akan selesia semua, akan kita operasionalkan pada Juli atau Agustus,” ujar Budi di Stasiun Batu Ceper, Ahad (12/3).

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan progres pembangunan dari masing-masing stasiun yang akan menjadi depo kereta bandara sudah sampai tahap 60 persen. Pekerjaan ini akan dikebut agar integrasi dan moda transportasi bagi masyarakat bisa segera terpenuhi.

“Operasinya mungkin akhir Juli, karena terminal tiga internasional akhir Juli. Bisa mulai beroperasi secara penuh.
Keterlambatan pengoperasian kereta ini akibat jalur tanah (pembebasan lahan),” ujar Rini

Menhub menambahkan memang saat ini masih ada hambatan pembangunan KA bandara yakni pembebasan tanah. “Berikutnya adalah bagaimana kami bisa menyelesaikan (pembebasan) tanah dari Batu Ceper ke bandara, ada beberapa titik, dalam beberapa hari ini akan diputuskan, apabila itu selesai maka bulan juni akan selesai semua, dan akan kita operasikan pada Juni,” jelasnya.

KA Bandara Soetta rencananya akan melalui dua jalur. Rute pertama adalah Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman Baru -Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soetta. Sementara rute kedua, Stasiun Jakarta kota – Stasiun Kampung Bandan – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Bandara Soetta.

Pengoperasian KA Bandara akan dilakukan oleh PT Railink, yang merupakan perusahaan patungan PT KAI dan PT Angkasa Pura II (Persero). Proyek KA Bandara Soetta menelan biaya sebesar Rp 2,7 triliun. (*/DAY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.