Sepanjang 2016, Dubai Dikunjungi 14,9 Juta Wisatawan

0
531

DUBAI, bisniswisata.co.id: Sebanyak 14,9 juta wisatawan telah datang ke Dubai sepanjang 2016, seperti yang diumumkan oleh Badan Pariwisata Dubai pada Rabu (8/2). Jumlah tersebut bisa dianggap sebuah prestasi dalam industri pariwisata kawasan Timur Tengah, kawasan yang tengah berada dalam gejolak peperangan.

Salah satu kota dari tujuh kota dalam naungan Uni Emirat Arab itu berharap sebanyak 20 juta wisatawan dapat datang hingga 2020, seperti yang dikutip dari AFP. Di tahun yang sama, kota ini akan menggelar ajang perdagangan internasional. Dibanding kawasan tetangganya, Dubai memang menawarkan kemewahan, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan kelas menengah ke atas.

Walau berada di atas padang pasir tandus, namun pelaku usaha di sana berhasil menyulap tanah gersangnya menjadi komplek mal, resor bahkan area ski dalam ruang. Jumlah kunjungan wisatawan pada tahun lalu itu naik sebanyak 5 persen dari tahun sebelumnya.

Sebanyak 23 persen wisatawan yang datang berasal dari Tanah Arab, sebagian besar berasal dari Arab Saudi. Wisatawan asal Eropa Barat berada di posisi ke-dua, dengan jumlah kedatangan sebanyak 21 persen. Selanjutnya wisatawan asal China dan Rusia, dengan jumlah kedatangan masing-masing sebanyak 20 persen dan 14 persen.

Dubai memang sangat siap untuk menyambut kedatangan wisatawan. Terbukti dengan fasilitas dan layanan di Bandara Internasional Dubai yang menjadi bandara penghubung tersibuk se-dunia sepanjang 2016. Hingga akhir tahun lalu, bandara megah itu telah melayani 83,6 juta wisatawan.

Sangat jelas bahwa perekonomian Dubai disokong oleh perkembangan industri pariwisatanya yang menggeliat. Selalu ada hal baru yang bisa ditemukan saat berkunjung ke sana. Dikutip dari keterangan resmi Badan Pariwisata Dubai, berikut ini ialah wahana wisata yang akan mulai beroperasi sepanjang tahun ini:

01. Museum Etihad

Dibuka pada 7 Januari 2017, Museum Etihad yang memiliki ukuran 2,5 hektar akan menceritakan sejarah terbentuknya Uni Emirat Arab. Berlokasi tepat di samping Union House, dimana penandatanganan perjanjian UEA dilakukan pada tahun 1971, museum ini didesain mirip dengan bentuk gulungan sebuah naskah, dengan tujuh kolom yang dibangun menyerupai pena yang digunakan untuk menandatangani perjanjian asli.

02. Dubai Safari Park

Berlokasi dekat dengan Dragonmart, Dubai Safari Park merupakan kebun binatang berukuran 119 hektar dengan 10.000 hewan dan berlokasi di Al Warga. Kebun binatang ini dibangun selayaknya hutan, namun tetap nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Di sana, akan dibagi kawasan Arab, Asia, Afrika, Amerika dan Australasia.

03. Holy Quran Park

Taman ini dirancang dengan konsep penceritaan Al-Quran. Tak hanya wisatawan Muslim, wisatawan beragama lain juga bisa memahami konsep kehidupan kitab suci ini dari beragam wahana yang menarik. Salah satunya ialah The Islamic Garden yang menghadirkan 51 jenis tanaman dari 54 jenis yang disebutkan di dalam Al-Quran.

04. Hot Air Ballooning and Falconry

Setelah menyusuri gurun pasir dengan pemandangan matahari terbit dengan menumpang balon udara, wisatawan akan diajak berburu dengan kawasanan burung elang sambil berkendara dengan mobil jelajah. Puas berkeliling, wisatawan lalu akan diajak bersantap dengan pemandangan gurun yang mengagumkan.

05. Dubai Crocodile Park

Dubai Crocodile Park menjadi rumah bagi sekumpulan buaya sungai Nil, yang merupakan jenis buaya air tawar terbesar di dunia. Di taman seluas 20.000 meter persegi ini, wisatawan akan diajak menjelajah kehidupan hewan ganas yang sebenarnya sangat pemalu itu. (*/AFP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.