Seni Budaya Samosir Jadi Daya Tarik Wisatawan

0
1177

SAMOSIR, test.test.bisniswisata.co.id: BERBAGAI cara menarik kunjungan wisatawan. Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, punya cara mendatangkan para pelancong, dengan mengadakan berbagai kegiatan seni budaya dan adat wilayah berjuluk “Negeri Indah, Kepingan Surga” ini. Hasilnya memang benar-benar sangat menggembirakan.

“Tahun 2015 target kami mendapat 84.000 kunjungan, tahun sebelumnya mampu memikat 50.000 wisatawan untuk datang dan realisasinya mencapai 100 persen,” papar Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya (Disparsenibud) Samosir, Ombang Siboro, di ibukota kabupaten Pangururan, Sabtu (23/05/2015).

Ombang optimistis target itu bakal tercapai, karena selain memperkenalkan dan mengembangkan seni budaya lokal dan modern sebagai kelengkapan kunjungan wisata, Pulau Samosir memiliki alam yang indah dengan Danau Toba-nya. “Kami mengadakan Horas Samosir Fiesta yang menjadi agenda tahunan dengan pelaksanaan secara bertahap dan lokasi berbeda-beda supaya wisatawan datang berkali-kali,” lontar Ombang.

Upaya ini, sambung Ombang seperti dilansir laman Antara, untuk mempromosikan dan melestarikan hampir ratusan lokasi wisata, dan situs bersejarah yang ada kepada masyarakat luar, dan khususnya pemuda setempat.

Seperti gelaran festival band di lokasi Pantai Indah Situngkir pada Sabtu (16/5) lalu, yang diikuti 38 peserta dari kabupaten/kota se-Sumatera Utara dan Aceh. Dalam waktu dekat, Disparsenibud Samosir mengadakan pesta budaya adat untuk hasil komoditas yang baik dan tanah yang subur sebagai ungkapan syukur kepada Yang Mahakuasa.

“Intinya kami mengoptimalkan potensi daerah yang ada melalui suatu kegiatan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Kabupaten Samosir,” kata Ombang sambil menambahkan turis asing yang datang karena tertarik dengan seni budaya dan adat yang tak ada di negaranya. Dan inilah yang menjadi daya tarik wisata Samosir. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.