Home INDEX Sehari Dibuka, Restoran KFC Iran Ditutup

Sehari Dibuka, Restoran KFC Iran Ditutup

0
910

TEHERAN, test.test.bisniswisata.co.id: Sehari dibuka, Iran dilaporkan menutup restauran yang oleh pejabat setempat dikatakan sebagai cabang restauran cepat saji terkemuka AS, Kentucky Fried Chicken (KFC). Meski manajer restoran Halal KFC, mengatakan rumah makan itu tidak memiliki hubungan dengan perusahaan AS.

“Penutupan Halal KFC karena kesalahpahaman,” kata Abbas Pazuki, manajer Halal KFC, kepada Kantor Berita Tasnim dikutip dari laman BBC, 3 November 2015. Dia mengatakan polisi mengira restoran itu cabang KFC Amerika. “Kami bagian dari merek Halal KFC, yang berasal dari Turki. Ini milik Muslim dan target pasarnya negara Muslim.”

Dia mengatakan merek asal Turki justru merupakan saingan dari KFC Amerika. Polisi sendiri membenarkan laporan penutupan, mengatakan restauran itu beroperasi di bawah lisensi palsu.

Sementara pemerintah dilaporkan kantor berita ILNA, melalui Ali Fazeli, kepala kamar dagang Iran, mengatakan KFC Iran tidak memiliki hubungan dengan KFC di AS, namun keputusan penutupan adalah keputusan otoritas tertinggi negara. “Sesuai dengan perintah dari Pemimpin Tertinggi, kami tidak memberi otorisasi merek Barat di sektor makanan cepat saji,” kata Fazeli.

ILNA juga melaporkan pembukaan restoran sebagai tanda pertama masuknya pengaruh AS, sebagaimana kelompok garis keras percaya perjanjian untuk membatasi program nuklir Iran, antara Iran dan negara-negara Barat, bisa menjadi sarana untuk mengurangi sikap anti-Amerikanisme, membuka pintu pada pengaruh asing.

Penutupan dilakukan di tengah kekhawatiran kalangan garis keras pengaruh Barat di Iran tengah tumbuh sebagai akibat dari hubungan yang semakin terbuka dengan sejumlah negara eropa. BBC melaporkan beberapa negara Barat saat ini sedang mencari hubungan bisnis dengan Teheran menyusul perjanjian nuklir. (*/end)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here