Sebanyak 15 Chef Ikuti Ajang Lomba Kuliner di Makassar

0
1173
15 chef hotel ikuti lomba kuliner berbahan ikan dan pangan lokal di Makassar.Foto. evi

MAKASSAR, Bisniswisata.co.id: Kementrian Parawisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar pada Sabtu (4/7/15) lalu mengelar event Lomba Kuliner dan Makassar Culinary Night Ramadhan di sepanjang Jl Balai Kota, Makassar.

Dengan menggandeng Indonesia Chef Asosiation (ICA) Sulawesi Selatan yang diberi tanggung jawab pada kegiatan lomba kuliner tersebut, ICA menghadirkan Chef Juna sebagai bintang tamu pada acara cooking demo dan juri Lomba Kuliner.

Lomba kuliner berbahan ikan dan pangan lokal yang diikuti 15 Chef dari hotel-hotel dan restoran yang ada di Makassar dibuka oleh Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty dan ‎Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan.

“Dengan ajang seperti lomba kuliner ini kami bisa menarik minat wisatawan yakni bisa meningkatkan capaian kunjungan 255 juta wisatawan nusantara dan 10 juta wisatawan mancanegara yang ditargetkan pada tahun ini,” ujar Assisten Deputi Pengembangan

Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya.
Target dari kegiatan lomba kuliner dan Makassar Culinary Night Ramadhan ini menurut Raseno bisa mempromosikan kuliner Indonesia, khususnya kuliner unggulan daerah dan memperkenalkan daya tarik Pesona Indonesia.‎

Pada kesempatan cooking demo itu, Chef Juna mendemokan resep Seafood Cabai Hijau. “Seafood citarasa Indonesia paling pas dibumbui dengan bumbu khas Indonesia, karena akan membuat rasanya semakin lezat,” ujar Chef Juna.

Menurutnya agar rasanya lezat harus diperhatikan waktu memasak, yakni tidak boleh terlalu cepat atau lama. “Agar hasilnya sempurna gunakan media penghantar panas berupa air, karena air mampu menentralisis panas api ke seafood,” jelasnya.

Chef Juna mengatakan, “Pilihlah seafood yang masih segar, usia maksimum satu minggu setelah ditangkap, tetapi jika yang diolah seafood yang masih hidup, maka pekerjaan memasak jadi lebih menyenangkan, tidak perlu menggunakan bumbu yang banyak karena rasa alami seafood masih terasa lezat,”.

Diakhir acara setelah melalui proses penjurian terpilih para pemenang Lomba Kuliner. Juara I, Sudarman dengan menu “Baronang Fish with Singapore Sauce”, Juara II diraih oleh Yusuf, dan Juara III, Anita AB. (evi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here