Scoot Bidik Jemaah Umroh Asal Indonesia

0
987

                         Foto: Halemaatravel.co.uk

JAKARTA, bisniswisata.co.id;Kehadiran Scoot di pasar Indonesia menyasar pula potensi jemaah Indonesia ke Saudi Arabia yang selama ini banyak mengandalkan maskapai penerbangan nasional dan Timur Tengah.

“Team kami sedang gencar berpromosi di lingkungan travel agent penyelenggara Umroh dan Haji sehingga ke depan kami juga bisa mengangkut banyak jemaah asal Indonesia, kata Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot.

Berbicara pada jumpa pers peluncuran rute baru Palembang-Singapura ( 19/10) lalu, maskapai penerbangan bertarif rendah dari Singapore Airlines Group ini memiliki rute penerbangan non-stop ke Jeddah melalui Singapura. Dia optimistis rute ini juga mungkin menarik bagi para jamaah haji Indonesia.

Tarif penerbangan ke Jeddah meliputi paket khusus full service yang terdiri dari kursi standar, bagasi cuma-cuma 30kg, bagasi kabin hingga 10kg, dua makanan halal yang akan disajikan hangat selama penerbangan dari Singapura dan Jeddah.

Fasilitas lainnya adalah selimut dan bagasi air Zam Zam cuma-cuma 5kg.Penerbangan ke Jeddah menggunakan armada 787 Dreamliners yang mengubah pandangan terhadap penerbangan bertarif rendah dengan kabin yang luas dan nyaman, tingkat kelembaban yang lebih tinggi.

Ada bagasi di bagian atas kursi yang lebih besar dan jendela dimmable yang lebih lebar. Fasilitas dalam armada pesawat 787 mencakup inflight Wi-Fi, hiburan inflight streaming dan daya listrik di kursi pada pesawat tertentu, serta berbagai pilihan kursi yang menawarkan jarak antar kursi yang lebih luas.

Pihaknya juga menyediakan kursi ScootBiz premium, zona “Scoot-in-Silence”, pilihan untuk memesan kursi yang berdekatan melalui MaxYourSpace dengan harga lebih rendah, dan banyak lagi fasilitas lainnya seperti penerbangan berjadwal lainnya.

“ Tahun depan bulan Juni 2018, jaringan Scoot akan bertambah menjadi 64 destinasi di 17 negara, yang ditandai dengan peluncuran penjualan lima destinasi terbaru: Kuching, Kuantan, Harbin, Honolulu, dan sekarang Palembang,” kata Vinod.

Jemaah umroh di Indonesia bisa berangkat dari Jakarta, Bali, Surabaya dan Palembang.

Untuk mendukung rencana ekspansi yang cepat, Scoot mengoperasikan 15 armada 787 Dreamliner dan 23 armada Airbus A320, dengan tambahan lima armada Boeing 787 Dreamliners dan 39 armada Airbus A320neo yang masih dalam status pemesanan.

Tiga armada Boeing 787 Dreamliners baru dengan ruang istirahat awak kabin telah diterima pada bulan April, Mei dan Agustus, dan sisanya akan dikirim pada bulan Desember tahun ini.

Pihaknya optimistis untuk menjaring jumlah jemaah Indonesia meskipun belum punya target pasti berapa ribu jemaah yang bisa dibawa karena melayani penumpang umroh dan haji juga dari wilayah regional seperti Singapura dan Malaysia.

Bisnis umroh memang menggiurkan dan Indonesia menjadi negara dengan jumlah jemaah umrah terbesar ketiga di dunia setelah Mrsir dan Pakistan. Data 2016 Kementerian Agama mencatat berkisar 818.000 orang. Sementara pada tahun 2015, jemaah yang terbang ke tanah suci berkisar 717.000 orang

Sedikitnya ada 650 PPIU atau penyelenggara perjalanan ibadah umrah dimana 123 di antaranya juga berfungsi sebagai provider visa. “Dalam waktu dekat kami akan bertemu dengan penyelenggara umroh,” tambah Vinod

Dia juga mengingatkan bahwa untuk menandai bergabungnya Palembang dalam jaringan, Scoot menawarkan promo penerbangan satu arah dari Palembang dengan tarif Ekonomi pnerbangan yang menarik. Promo ini berlangsung mulai pukul 09:00 pada 23 Oktober 2017 hingga pukul 22:59 pada 5 November 2017

Scoot mulai mengangkasa pada bulan Juni 2012 dan bergabung dengan Tigerair Singapore pada bulan Juli 2017, mempertahankan merek Scoot dan memosisikannya untuk sebuah babak baru pertumbuhan.

Scoot telah mengangkut lebih dari lima puluh juta penumpang dan sekarang mengoperasikan armada 14 pesawat berbadan lebar Boeing 787 Dreamliner dan 23 pesawat Airbus A320 yang baru dan modern, dengan tambahan enam pesawat Boeing 787 Dreamliner dan 39 pesawat Airbus A320neo lainnya dalam proses pemesanan.

Jaringan Scoot saat ini mencakup 60 destinasi di 17 negara, di mana Harbin, Honolulu, Kuantan, Kuching dan Palembang akan segera bergabung dalam jaringan sehingga total menjadi 64 destinasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.