Sandal Pondok Jodoh, dari Keprihatinan jadi Obyek Wisata

0
1702
Pantai Tapak paderi Bekulu ada destinasi baru

BENGKULU, test.test.bisniswisata.co.id: Berawal dari sikap keprihatinan nelayan melihat banyaknya sampah di sepanjang bibir pantai Tapak Paderi di Kota Bengkulu. Kebanyakan sampah berupa botol minuman plastik hingga sandal bekas yang hanyut di pantai bahkan ada yang berserakan di pasir pinggir pantai.

Sampah itu kemudian dikumpulkan, lantas digantung di tiang-tiang dari bambu yang dibuat nelayan. Tak disangka, kehadirannya mengundang perhatian para pengunjung pantai. Banyak dari mereka berfoto dengan latar sandal-sandal bekas yang tiap hari jumlanya semakin banyak.

Informasi mengenai keberadaan sandal-sandal itu pun cepat menyebar. Malah, kini banyak pasangan yang datang dan menaruh sandalnya sebagai tanda ikatan cinta. warga menyebut Sandal Pondok Jodoh.

“Kami tidak pernah menyangka niat kami membersihkan pantai dari sampah mendapatkan perhatian dari banyak wisatawan dan menjadikan tempat wisata di pantai ini,” tutur Aris, salah satu nelayan yang mengumpulkan sandal bekas seperti dilansir laman Tempo.co, Sabtu (30/07/2016).

Setiap hari Minggu, apalagi hari libur pengunjung pantai Tapak Paderi ramai-ramai mendatangi obyek wisata baru di pantai yakni Sandal Pondok Jodoh. Mereka terlihat berfoto di sana. Sandal Pondok Jodoh berada di sekitar 150 meter dari bibir pantai. Ada dinding terbuat dari bambu. Di dinding itu digantung ratusan sandal kusam.

Pengalaman ini, kata Aris, membuat para nelayan Pondok Besi semakin bersemangat mengumpulkan sampah-sampah di lokasi pantai untuk diolah menjadi benda yang bermanfaat. “Kami ingin mengajak masyarakat sekitar ikut serta dalam menjaga kebersihan pantai dan membuat wisatawan merasa nyaman jika berkunjung ke sini,” ucapnya.

Andriani, salah satu pengunjung pantai, mengapresiasi ide nelayan membuat Sandal Pondok Jodoh. Menurut dia, hal itu menarik dan sangat bagus. “Tidak hanya menarik perhatian pengunjung untuk ke lokasi ini, tapi juga menjaga kebersihan pantai,” ujar Andriani.

Ia pun ikut menaruh sandal miliknya dan pacarnya di dinding itu sebagai tanda pengikat cinta mereka. “Cuma untuk lucu-lucuan aja, untuk kenang-kenangan. Dan semoga hubungan kami bisa langgeng.” sambungnya. (*/TMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.