Sajikan Makanan di Piring Kayu, Restoran Inggris Didenda

0
471
Makanan di Piring Kayu

BIRMINGHAM, Bisniswisata.co.id: Era Now, restoran, kafe atau rumah makan yang tidak menggunakan alas makannya dengan piring melainkan dengan bahan kayu. Penggunaan berbahan kayu ini cukup populer, sehingga banyak restoran yang mengikuti tren ini karena mungkin lebih menarik dan unik. Namun di Inggris sajikan makanan pakai piring kayu, dianggap pelanggaran.

Salah satu restoran di Inggris bernama Ibrahim’s Grill and Steak House, mengalami nasis tragis. Oktober 2016, resto ini dikunjungi Departemen Lingkungan Dewan Kota Birmingham untuk menilai tingkat kebersihan di restoran tersebut.

Dikutip dari independent, Selasa (16/1/2018) Kunjungan tersebut dilatar belakangi, karena ada 14 orang tamu yang diduga keracunan makanan setelah bersantap di restoran tersebut.

Dalam laporan tersebut, Mereka mencatat bahwa karyawan memilih untuk memakai sarung tangan sekali pakai daripada mencuci tangan mereka dan restoran tersebut menyajikan makanan di atas piring kayu yang tidak dibersihkan dengan benar.

DUa bulan kemudian, Dewan Kota Birmingham kembali dan ternyata dibalik semua ini karena piring kayu tersebut tidak higienis dan masih digunakan untuk menyajikan makanan diduga tidak dicuci bersih sehingga meninggalkan bekas makanan.

Karena dianggap mengabaikan kesehatan konsumen, kasus ini akhirnya dibawa ke persidangan. Hasil akhir dari persidangan tersebut menyatakan bahwa Ibrahim’s Grill and Steak House bersalah.

Pengadilan Magistrat Birmingham mendenda Ibrahim’s Grill and Steak House £ 50.000 atau senilai Rp 862 juta karena kegagalan mereka mematuhi pemberitahuan perbaikan, dengan tambahan biaya £ 670 atau seharga Rp 11 juta dan £ 120 atau Rp 2 juta sebagai biaya ganti rugi kepada korban.

Menurut Badan Standar Makanan, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa piring kayu kurang higienis daripada plastik, asalkan sudah dibersihkan dengan benar setelah digunakan. (INDE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.