Sajian Rempah & Kuliner Indonesia di Frankfurt Book Fair

0
2721

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Lebih dari 62 jenis rempah asli Indonesia dipamerkan di ajang Frankfurt Book Fair 2015 di Jerman, pada 13 hingga 18 Oktober 2015. Tak sekadar dipamerkan, rempah-rempah itu juga diolah dan disajikan menjadi kuliner khas Indonesia pada pengunjung serta masyarakat yang hadir.

Sajian kuliner Indonesia yang dihadirkan: rendang, asinan Jakarta, nasi kuning, nasi goreng, sate ayam, sate sapi, gado-gado, teh, kopi Indonesia dan berbagai kuliner lain. Sementara untuk rempah-rempah yang akan dipamerkan adalah kayu manis bubuk, kapulaga, walangan, daun kari, krangen, jahe putih, kunyit bubuk, bunga telang, hingga lada hitam bubuk.

Hal ini merupakan bentuk diplomasi budaya seiring ditetapkannya Indonesia sebagai “Tamu Kehormatan” di ajang internasional yang bergengsi. Dan Indonesia diberi “panggung” untuk mempromosikan kuliner dan bumbu rempah-rempah Indonesia. Event ini sebagai promosi gratis apalagi selama ini kuliner Indonesia belum terpromosikan dengan baik. “Kita akan tampilkan makanan. Di Frankfurt kita tampilkan gerobak. Kita juga tampilkan kuliner jalanan,” kata Bondan Winarno di Jakarta, Senin (5/10).

Dalam penyajiannya, Indonesia akan mengirimkan tim kuliner yang terdiri dari sekitar 25 tokoh kuliner dan juru masak ternama. Diantaranya William Wongso, Vindex Tengker, Sisca Soewitomo, Bara Pattiradjawane, Bondan Winarno, Ragil Wibowo, Astrid Enricka Dhita, Budi Lee, Petty Elliot, Santhi Serad dan lainnya.

Bondan Winarno, salah satu anggota tim kuliner Indonesia mengatakan, usia Frankfut Book Fair yang telah menginjak usia 400 tahun menunjukkan buku menjadi sangat penting bagi orang-orang barat.

“Karena buku tentang kuliner saat ini sedang hangat dan diminati masyarakat eropa, kenapa kita kita tidak kedepankankan aneka buku kuliner yang kita miliki,” ujar Bondan.

Namun sesuai sifatnya, makanan dapat lebih dinikmati jika dapat dilihat langsung, dicium aromanya dan dicicip rasanya. “Nah mumpung kita diberi panggung luas, kita manfaatkan sebaik-baiknya. Jadi kita tampilkan buku serta makanan-makanan,” ujar Bondan.

Dalam misi budaya kali ini tim kuliner Indonesia mengedepankan tema “Spice it Up!” dan akan menampilkan sajian dalam beberapa tema. Seperti Gourmet Gallery dimana akan dihadirkan masakan Sumatera hingga Maluku oleh para chef seperti Bara Pattiradjawane, Bondan Winarno dan Janet DeeNeefe. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here