Sail Sabang, 87 Yacht Asing Ikut Lomba Layar

0
1506

SABANG, Bisniswisata.co.id: Sedikitnya 87 kapal layar (yacht) dari berbagai mancanegara sudah mendaftar dan menyatakan ikut berpartispasi dalam Lomba Layar bertajuk Sail Sabang, yang diselenggarakan Pulau Weh), Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada 28 November hingga 5 Desember 2017.

“Pemerintah menargetkan 100 kapal yacht ikut memeriahkan Sail Sabang dan saat ini ada 87 kapal yacht dari berbagai negara sudah mendaftar,” kata Wakil Pelaksanaan Sail Sabang di Internal Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Fauzi Umar di Sabang, Selasa (3/10/2017)

Peserta Sail Indonesia dan Wonderful to Indonesia telah berjalan di Pelabuhan Lovina Bali dalam rangka Festival Lovina dan sejumlah kapal yacht sudah menyatakan keikutsertaannya pada Sail Sabang November 2017. “Kapal Celcius milik Miss Jacline dari Kanada dan Kapal Except One milik Yusoa dari Jepang telah mengibarkan Bendera Sail Sabang di atas kapal mereka,” jelas Fauzi.

Direncanakan sebanyak 87 kapal yacht akan melanjutkan pelayarannya menuju Karimun Jaya dan singgah di sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Selanjutnya akan mengikuti Sail Sabang, Sail Malaysia dan terakhir Sail Thailand.

Tema Sail Sabang 2017 adalah Sabang menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia. Perhelatan Sail Sabang 2017 ini, fokus pada pengembangan pariwisata bahari. Tahun 2017, Sail Sabang dipenuhi dengan berbagai acara yang berbeda dengan penyelenggaraan event serupa di tempat yang berbeda.

Perbedaan dibanding tahun sebelumnya, tahun ini ada flying pass atau pesawat akrobatik Malaysia dan Singapura. Ada perlombaan diving.
Pada acara pembukaan (opening ceremony) Sail Sabang 2017 menampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati, toll ship parade (melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol

Juga mengundang tall ship atau kapal dengan layar tinggi dari negara-negara yang dilewati seperti India, Malaysia, Thailand, dan Singapura); diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, konvoi kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa, dan parade kapal nelayan tradisional.

Selain itu, akan digelar juga sejumlah kegiatan sebagai supporting event antara lain Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, juga Seminar Wisata Bahari.

Kegiatan-kegiatan lain yang kalah menarik adalah Pentas Pesona Indonesia, lomba memancing, lomba video dan foto melalui drone, Welcome Dinner, City Tour Banda Aceh, dan bakti sosial serta bersih pantai. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here