Sahid Sudirman Center Diluncurkan Sebagai Gedung Tertinggi di Jakarta

0
2823

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Setelah sebelumnya Jakarta memiliki Raffles Jakarta, The Pakubuwono Signature, BNI 46, dan BCA Tower yang menjadi gedung pencakar langit tertinggi, kini gedung Sahid Sudirman Center yang baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo diklaim menjadi gedung tertinggi.

Peresmian Sahid Sudirman Center itu bertepatan dengan perayaan ulang tahun pendiri Sahid Group, Sukamdani Sahid Gitosardjono, yang ke-87.

Selain itu, peresmian gedung berbarengan dengan ulang tahun beberapa anak usaha Sahid, yakni ulang tahun ke-32 Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid dan ulang tahun ke -27 Universitas Sahid Jakarta.

Gedung perkantoran yang mulai dibangun pada 2012 di atas lahan seluas 1 hektar ini berdiri bangunan setinggi 52 lantai struktur yang terdiri atas 5 lapis lantai parkir di bawah tanah, 7 lapis lantai parkir di atas tanah, 45 lapis lantai di atas tanah, ditunjang dengan 22 lift penumpang, 3 lift parkir, 2 lift servis, dan 1 lift eksekutif.

“Pembangunan fisik gedung Ini telah selesai sampai titik tertinggi pada lantai teratas. Ketinggian gedung ini bisa mencapai 59 lantai ,” ujar Vice President Sahid Group, Haryadi Sukamdani, di Jakarta, Sabtu (14/3/15).

Menurutnya di lantai 59 yang paling teratas nantinya akan dibuka restoran fine dining. “Untuk saat ini, gedung telah terisi sekitar 70 persen dengan penyewa utama adalah Mitra Adi Perkasa Group,” ungkapnya.

Upacara pemotongan tumpeng oleh Sukamdani Sahid Gitosardjono pada Grand Opening Sahid Sudirman Center. (Foto. Munadi)
Upacara pemotongan tumpeng oleh Sukamdani Sahid Gitosardjono pada Grand Opening Sahid Sudirman Center. (Foto. Munadi)

Lebih lanjut Haryadi mengatakan, “Lokasi Sahid Sudirman Center sangat berdekatan dengan perbankan, kantor badan usaha milik negara, kedutaan besar, hotel berbintang, apartemen, rumah sakit, kampus universitas, dan mal”.

Perkantoran hasil kerja sama (KSO) antara Sahid Group bersama Pikko Group dan Tan Kian Konsorsium ini menurut Hariyadi yang juga sebagai Ketua Panita Grand Opening Sahid Sudirman Center ini menghabiskan dana sekitar Rp1,5 triliun.

Sahid Group telah mengembangkan kawasan Sahid City seluas 5,5 hektare di Sudirman. Saat ini, di Sahid City sudah ada Sahid Jaya Hotel (721 kamar, beroperasi sejak tahun 1974).  Selain itu, ada Apartemen Istana Sahid, Sahid Office Boutique, Sahid Memorial Hospital, dan Sahid Sudirman Residence (750 unit sejak 2010). (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here