Sahara Ajak UMKM & Koperasi se Inondesia Jadi Agen Tiket Pesawat

0
846

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Sahabat Rakyat (SAHARA) menggandeng Aero Travel meluncurkan www.sahara-aerotravel.com, untuk memudahkan anggota koperasi dan pelaku UMKM seluruh Indonesia dalam membeli tiket pesawat dengan harga yang lebih murah. Juga, mengajak para UMKM dan Koperasi menjadi agen penjualan tiket pesawat.

“Selama ini para UMKM jika naik pesawat untuk urusan bisnis, ternyata harganya sampa dengan konglomerat. Ini yang membuat kami sedih sehingga kami berkeinginan membantu para UMKM maupun koperasi agar membeli tiket pesawat dengan harga yang paling murah,” papar Founder SAHARA, Ir. Sharmila, Msi saat peluncuran www.sahara-aerotravel.com di gedung SMESCO Jakarta, Rabu (01/06/2016).

Sharmila melanjutkan, selain penjualan tiket pesawat juga promosi informasi berbagai hotel terutama di Indonesia. “Ini wujud dalam mengembangkan UMKM yang juga untuk memajukan koperasi dengan memaksimalkan penggunaan teknologi online, sehingga lahirlah upaya penjualan tiket online yang juga promo tempat wisata dan hotel,” ujar Sharmila

Dilanjutkan, meningkatnya jumlah penumpang sebesar 12,8 persen dari tahun 2015, membuat prospek bisnis dan peluang penjualan perjalanan wisata semakin besar. Ditambah lagi dengan harga tiket yang semakin terjangkau dan akses pembelian dengan bantuan teknologi yang memudahkan setiap orang untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

“Program kemitraan antara komunitas Sahara dan Aero Travel ini membuka peluang usaha baru bagi UMKM dan anggota koperasi di seluruh Indonesia. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian mereka dari hasil menjual produk wisata dalam bentuk online,” tandasnya.

Dengan kerja sama ini, Sahara-Aero Travel akan memfasilitasi penjualan tiket maskapai penerbangan, hotel, baik tujuan domestik dan internasional dengan harga murah secara daring (online). “Salah satu keunggulan dari agen wisata ini adalah menyediakan harga paling murah. Karena tujuan awal ingin merangkul dan menggerakan UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka. Mereka mudah pergi ke mana-mana dengan tiket yang terjangkau karena kerja sama ini,” kata Sharmila menambahkan.

Gatot Satriawan, Direktur PT Aero Wisata menjelaskan, anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk, yakni PT Aero Globe Indonesia (Aerotravel) mengoperasikan portal travel berbasis e-commerce www.sahara-aerotravel.com, hasil kerjasama Komunitas Sahara binaan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi).

Dalam kerja sama ini, Aerotravel akan memfaslitasi penjualan tiket Garuda Indonesia dan Citilink. Nantinya, anggota Komunitas Sahara akan mendapatkan potongan harga dan komisi penjualan dari setiap transaksi yang dilakukan. Adapun saat ini tercatat sudah ada 3 juta orang yang terdaftar sebagai anggota Komunitas Sahara. “Situs Sahara-Aerotravel mencoba menggaet para UMKM dan koperasi seluruh Inondesia untuk menjadi agen penjualan tiket pesawat dan perjalanan wisata,” ungkap Gatot.

Travel online ini merupakan strategi Aerotravel dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan bisnis online. “E-commerce telah mengubah pola hidup masyarakat kita. Usaha penerbangan, trasportasi, hotel, kuliner, dan penyedia jasa sekarang menaruh tumpuan yang sangat besar dalam saluran distribusi berbasis web,” tandasnya.

Gatot mengatakan, kemunculan online travel agent telah mengubah peta persaingan industri travel. Makanya, Aerotravel terus mempersiapkan diri menghadapi persaingan ini lewat e-commerce. Sebenarnya, e-commerce bukanlah hal baru bagi Aerotravel. Sejak 2013, Aerotravel sudah mulai mengoperasikan sistem e-commerce melalui web di tiga perusahaan, yakni PT Aero Globe Indonesia, Garuda Orient Holiday Australia, dan Garuda Orient Holiday Korea. “Langkah ini terbukti tepat. Hasilnya cukup menggembirakan. Tingkat pertumbuhan pendapatan dari modern channel ini mencapai 130% pada 2015 bila dibanding 2013,” ujar Gatot.

Hadir dalam acara launching ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Koperasi UKM Agus Muharram, Ardy Protoni Doda selaku Senior Manager Marketing dan Sales Support, Gatot Setiawan serta para pejabat BUMN lainnya bersama ratusan peserta dari para pelaku UMKM, Blogger dan Media Massa berbaur dalam kemeriahan. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.