Rusia Bantah Kesepakatan Bebas Visa dengan Indonesia

0
957

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kedutaan Rusia di Jakarta membantah adanya kabar mengenai adanya perjanjian bahwa warga Rusia bisa memasuki Indonesia tanpa menggunakan visa.

“Saat ini aturan imigrasi wisatawan Rusia yang ingin mengunjungi Indonesia, tetap sama. Wisatawan harus membayar visa on arrial selama 30 hari, sebesar USD35 atau sekira Rp439 ribu (Rp12.550 per USD),” tutur Atase Pers Kedutaan Rusia Dmitry Solodov, seperti dikutip RIA Novosti, Jumat (2/1/2015).

“Visa jenis lain dikeluarkan untuk konsuler ataupun misi diplomatik Indonesia dan sebaliknya,” lanjutnya.

Kabar ini mencuat setelah adanya rencana untuk memberikan bebas visa bagi negara seperti Rusia, Tiongkok, Australia, Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Untuk Australia penerapan bebas visa sudah ditolak oleh Pemerintah Indonesia. Sementara bebas visa sudah diterapkan kepada wisatawan Tiongkok. Jepang pun memberikan bebas visa kepada warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki paspor elektronik. Sedangkan untuk Korsel pembahasan masih dilakukan.

Wacana untuk memberikan bebas visa ini dimaksudkan demi meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Indonesia. Tetapi tidak diketahui kapan penerapan dari bebas visa itu. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.