Rupiah Melemah, Wisnus Beralih Wisata ke Dalam Negeri

0
570
Wisnus berwisata di Gunung Bromo (foto: jendelawisatanusantara.blogspot.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat melemahnya rupiah menjadi penyebab wisatawan nusantara (wisnus) beralih berwisata ke dalam negeri, ketimbang ke luar negeri. Kondisi ini benar-benar sangat menguntungkan bagi industri wisata nasional, juga tidak kaburnya rupiah ke luar negeri.

“Pengalihan berwisata dari luar negeri ke dalam negeri, terlihat dari jumlah penumpang udara maupun laut yang mengalami grafik kenaikan yang sangat menggembirakan,” papar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin dalam paparan, di gedung BPS Jakarta, Senin (1/6/2015).

Pengalihan destinasi wisata terlihat dari peningkatan jumlah penumpang transportasi udara tujuan domestik. Di sisi lain, transportasi udara tujuan internasional turun. Dari Maret hingga April 2015, jumlah penumpang angkutan udara tujuan domestik naik 5,98 persen, dari 5,13 juta orang menjadi 5,44 juta orang.

“Dugaan kami, dengan pelemahan kurs rupiah banyak yang mengalihkan perjalanan ke luar negeri, dialihkan ke dalam negeri. Ini bagus juga, wisatawan domestik menjadi meningkat, transportasi juga naik,” jelas Suryamin.

Periode sama terjadi penurunan penumpang penerbangan internasional sebesar 1,23 persen, dari 1,14 juta orang menjadi 1,12 juta orang. Perkembangan transportasi laut untuk penumpang juga mengalami peningkatan dari Maret ke April 2015 sebesar 23,7 persen, dari 1,02 juta orang menjadi 1,26 juta orang.

Suryamin menengarai, sebagian wisatawan juga mengalihkan tujuan perjalanan ke luar negeri menjadi di dalam negeri dan menggunakan kapal laut. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.