Restoran di New York Cantumkan Kandungan Garam

0
878

NEW YORK, test.test.bisniswisata.co.id: Sebuah simbol tempat garam akan hadir di menu-menu rantai restoran di New York mulai hari ini. Simbol tersebut berfungsi sebagai peringatan akan makanan tertentu yang mengandung natrium tinggi. New York adalah kota pertama di Amerika Serikat yang berupaya untuk memerangi penyakit jantung, stroke dan darah tinggi akibat pemakaian garam mengandung natrium tinggi.

Dilaporkan Reuters, Selasa (01/12/2015), setiap item menu yang berisi lebih dari 2,300 miligram (0,08 ons) natrium, setara dengan satu sendok teh garam, batas harian natrium yang direkomendasikan banyak ahli, harus menampilkan lambang pengocok garam dalam simbol segitiga hitam.

Ukuran yang disetujui oleh Dewan Kota New York pada September hanya berlaku untuk restoran yang setidaknya memiliki 15 cabang di seluruh Amerika Serikat, serta restoran dengan izin di beberapa bioskop dan stadion olahraga. “Tidak sulit untuk menjaga 2,3 gram natrium dari asupan makanan,” kata Howard Weintraub, direktur Pusat NYU Langone untuk Pusat Pencegahan Penyakit Kardiovaskular.

Label baru di menu dapat membuat para pelanggan yang datang ke rantai restoran seperti Chipotle dan Subway menjadi lebih waspada. Tanpa disadari para pengunjung restoran, dalam menu chicken burrito terdapat sekitar 2,790 miligram natrium, menu foot-long ala Italia memiliki 2.980 miligram natrium, buffalo wings mengandung 3.030 miligram natrium, udang panggang dan salad bayam mengandung 2.990 miligram natrium.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di New York, merenggut sekitar 17 ribu jiwa pada 2013, menurut Departemen Kesehatan AS. Ada hubungan yang erat antara asupan natrium dan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama serangan jantung dan stroke.

Studi pada 2010 menemukan, New York mengonsumsi lebih dari 3,200 miligram natrium rata-rata setiap hari. Membuat warga New York menjaga asupan natrium mereka adalah langkah pertama untku mengubah perilaku tidak sehat.

Label peringatan natrium ditekankan oleh Walikota Bill de Blasio. Bersama pendahulunya Michael Bloomberg, Blasio melakukan serangkaian upaya untuk kesehatan warganya, termasuk larangan merokok di tempat umum dan mengharuskan restoran cepat saji menampilkan jumlah kalori di menu mereka. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here