Respon gubernur kirim perwakilan ke Pemilihan Putra-Putri Bahari Indonesia rendah

0
2122
Beragam Aktivitas Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia tahun lalu. (foto Repro Hard Rock)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Respon pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan Pemilihan Putra-Putri Bahari Indonesia 2014 rendah padahal kegiatan untuk menanamkan wawasan bahari pada generasi muda ini sejalan visi Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritime dunia, kata Lalu Rusmiady, Ketua Penyelenggara kegiatan itu, hari ini.

“Kegiatan Pemilihan Putra-Putri Bahari Indonesia ini dalam rangkaian Peringatan Hari Nusantara XIV yang tahun ini dikordinir oleh Menristek. Pemilihan juga telah disetujui oleh Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) yang diketuai langsung oleh Presiden RI,” tambahnya.

Lalu Rusmiady mengharapkan kerjasama yang baik dari para Gubernur, Bupati, Walikota dan semua instansi terkait untuk mengirimkan perwakilan daerahnya yang akan diuji diJakarta mengenai wawasan bahari mencakup ilmu pengetahuan, kreativitas (skill) maupun attitude (sikap). Para peserta akan bertarung di Jakarta dan menjalani karantina dari 27 November hingga 6 Desember 2014 di Jakarta dan puncak pemilihan berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Panitia penyelenggara sudah mengirimkan surat dan proposal kegiatan kepada seluruh gubernur untuk mengirimkan wakil-wakilnya sebagai Putra-Putri Bahari, namun sejauh ini baru 14 provinsi yang memberikan konfirmasi. Selebihnya bahkan disposisi surat undangan tidak jelas diarahkan kemana karena kurangnya kepedulian pada wawasan kelautan.

Tujuan pemilihan, kata Lalu Rusmiady, a.l guna melahirkan generasi penerus yang cinta bahari, berbudaya Indonesia aseli, memiliki rasa nasionalisme yang kuar, memiliki intelektual di bidang kelautan, perikanan dan tekhnologi pengolahan hasil kelautan.

“Kita ingin merubah mindset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan juang dari darat menjadi ke laut. Disamping itu mencari bibit unggul di kalangan generasi muda untuk menjadi Duta Bahari yang berminat mengembalikan kejayaan maritime Indonesia seperti yang ditegaskan Presiden Jokowi yaitu Jalesveva Jayamahe, di lautan kita jaya,”

Itulah sebabnya pihak panitia penyelenggara mengharapkan gubernur dan jajarannya mengirimkan perwakilannya apalagi untuk hadiah pemenang selain meningkatkan citra daerah juga akan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi pada Puncak Peringatan Hari Nusantara yang tahun ini berlangsung di Kabupaten Tanah Baru, Kalimantan Selatan.

Peringatan Hari Nusantara adalah perwujudan dari Deklarasi Juanda 13 Desember 1957 bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Selain itu RI menjadi negara kedua terkaya dari aspek keragaman biodiversity dan tiap pulau mempunyai keindahan spesifik, keragaman budaya, adat istiadat dan potensi ekonomi yang besar.

“DEKIN mencatat jumlah pulau-pulau di Indonesia mencapai 17.480 pulau, tapi sebagai negara kepulauan kita malah menghadapi illegal fishing, ikan-ikannya dicuri sehingga pemerintah menderita kerugian hingga Rp 300 triliun per tahun,” jelasnya.

Penyelenggaraan Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia pertama kali dilaksanakan pada 2012 yang digagas oleh Yayasan Dharma Ayu Bahari dan sejak tahun lalu pelaksanaannya di dukung oleh organisiasi wanita yaitu Ikatan Sarjana Wanita Indonesia dipimpin Retno Sri Endah Lestari dan Aliansi Kebangsaan pimpinan Pontjo Sutowo. (hildasabri@yahoo.cm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.