Resep Sumbar Jadi Destinasi Halal Terbaik Dunia

0
427
Rumah Gadang Sumbar (Foto: Nusantara Wave)


PADANG, bisniswisata.co.id:
Indonesia menuju wisata halal. Buktinya, keberhasilan Sumatera Barat (Sumbar) menjadi juara dalam sejumlah kategori dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016, sebagai langkah yang baik dalam pengembangan wisata halal di Tanah Air, khususnya Sumbar.

“Kemenangan ini akan lebih meyakinkan Sumatera Barat dalam pembangunan kepariwisataan dengan mengusung wisata halal sebagai branding pengembangan kepariwisataannya,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Didit P. Santoso, Jumat (9/12).

Didit mengatakan, sejatinya secara sosio cultural, branding halal merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Sumbar. Salah satu kunci sukses Sumbar meraih penghargaan ini, adalah peran aktif dari kepala daerah dari gubernur hingga bupati dan wali kota di seluruh Sumbar. “Selain itu, peran komunitas dan masyarakat luas juga memiliki andil terhadap format pengembangan ke pariwisataan Sumbar,” katanya.

Langkah ke depan, sambung dia, yang harus dilakukan adalah bagaimana pemahaman halal atau ramah terhadap kebutuhan wisatawan Muslim yang selama ini dipahami secara tradisional oleh pelaku usaha jasa pariwisata dapat memenuhi kriteria nasional/internasional dalam bentuk infrastruktur yg tersertifikasi.

Dalam ajang WHTA 2016, Sumbar didapuk sebagai World’s Best Halal Destination dan World’s Best Halal Culinary Destination. Prestasi ini sangat membanggakan bagi Sumbar sekaligus sebagai lokomotif penyemangat kemajuan wisata halal di wilayah Sumetara Barat.(*/REO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.