Rem Blong, Bus Pariwisata Masuk Parit di Buleleng

0
971

BULELENG, Bisniswisata.co.id: Musim liburan panjang, dimanfaatkan wisatawan nusantara berwisata ke Pulau Dewata. Sayang, setelah menikmati kesenangan berakhir dengan kesengsaraan. Nasib pahit itu dialami bus pariwisata berisi rombongan tur siswa SMK Bakti Mulya, Kediri, Jawa Timur.

Akibat rem blong, saat bus pariwisata pulang dari liburan mengalami kecelakaan masuk parit saat melewati jalan menurun di kawasan Gitgit, Kabupaten Buleleng, Bali. Akibatnya, dua wisatawan mengalami luka berat sementara 13 penumpang lainnya cedera ringan.

Puluhan siswa beserta para guru pendamping yang berada dalam bus bernomor polisi AA 1728 DD dibuat panik dan teriak histeris. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan yang terjadi Sabtu pukul 21.00 WITA.

Kasat Lantas Polres Buleleng, AKP Adi Sulistyo Utomo menerangkan sopir bus bernama Suwandi Hariono (33) asal Kediri. Bus nahas tersebut melaju dari arah Bedugul Tabanan.

Tiba di KM 7 sampai 8 jalan turunan berliku di Desa Gitgit, bus yang mengangkut 59 penumpang terdiri dari 54 siswa, tiga guru pendamping, seorang sopir dan seorang kenek mengalami rem blong.

Hariono memilih membanting setir menabrak tembok pura milik warga daripada terjun ke jurang. “Bus alami OC (out of control) saat itu. Seluruh penumpang selamat, hanya dua orang luka berat dan sudah dalam penanganan medis dan 15 siswa luka ringan. Ini bus rombongan tur siswa dari Kediri Jawa Timur,” terang Adi Sulistyo, Minggu (16/4).

Posisi bus saat menabrak tembok, terperosok ke parit sedalam 2 meter. Sejauh ini sopir bus sudah dimintai keterangan terkait kondisi kesiapan bus sebelum melakukan perjalanan hingga sampai terjadi rem blong.

Sementara 44 siswa dan beberapa siswa yang mengalami luka ringan, hingga pukul 07.00 WITA sedang menunggu kedatangan bus jemputan untuk kembali ke Kediri. (*/MDO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.