Rambu ke Objek Wisata Gunung Kidul Amburadul, 4 Wisatawan Tewas

0
460

YOGYAKARTA, Bisniswisata.co.id: Menyedihkan memang. Rambu petunjuk menuju obyek wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul, semakin amburadul. Padahal, Gunung Kidul menjadi tujuan utama wisatawan ke Yogyakarta. Selain itu, infrastruktur termasuk akses jalan yang mendukung peningkatan wisatawan di Gunung Kidul, belum memadai dan perlu pembenahan.

Akibat amburadulnya petunjuk jalan dan akses jalan yang tak memadai, mengakibatkan kecelakaan tunggal bus wisata asal Kudus yang menuju obyek wisata Pantai Indrayanti di Gunung Kidul, Ahad (2/4), yang menewaskan 4 wisatawan nusantara (wisnus).

Sekretaris Komisi A DPRD Gunungkidul Ari Siswanto menyatakan ikut prihatin atas kecelakaan tunggal bus wisata asal Kudus menuju obyek wisata Pantai Indrayanti di Gunung Kidul, Ahad (2/4).

Menurut Ari, destinasi wisata di Gunung Kidul memang menjadi tujuan utama wisatawan ke Yogyakarta. “Kejadian ini bisa menjadi introspeksi wisata Gunung Kidul untuk terus berbenah,” ujarnya seperti dilansir laman Republika.co.id, Ahad (2/4).

Menurutnya, salah satu perbaikan yang sangat penting dan cepat harus dilakukan Pemda Gunung Kidul dalam pembenahan wisata adalah perbaikan rambu-rambu wisata, perbaikan jalan dan penjagaan jalur-jalur wisata dan obyek wisata oleh Dinas Perhubungan, Pariwisata dan kepolisian.

“Ini penting dan cepat dilakukan, karena bus yang kecelakaan di Ponjong ini juga sebelumnya kesasar harusnya ke Pantai Indrayanti tetapi justru sampai Ponjong,” ujar Ketua DPD PKS Gunungkidul ini.

Hal ini menurutnya, tidak akan terjadi jika rambu jalur wisata sudah dipampang jelas oleh Pemda setempat di beberapa jalur utama.
Bahkan penyediaan jalur alternatif menuju obyek wisata belum cukup jika rambu-rambu wisata dan lalu lintas tidak dipasang dengan jelas dan lengkap.

Seperti diketahui bus rombongan wisata dari Dusun Gerung, Desa Kaliwungu, Kecamatan Klaiwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengalami kecelakaan tunggal di tanjakan Pok Cucak,Desa Sidorejo, Ponjong, Gunung Kidul, DIY pagi tadi. Bus jenis Elf ini membawa 21 penumpang wisatawan. Akibat kecelakaan tersebut empat wisatawan meninggal dunia termasuk satu balita dan 14 lainnya mengalami luka-luka. Niat senang-senang untuk berwisata malah berakhir tragis. Menyedihkan memang. (*/REO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.