Qatar Rencana Bangun Resor Halal di Mandalika

2
487
Presiden Jokowi bersama Emir Qatar saat bertemu di Istana Negara Bogor

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Qatar beminat mengembangkan sektor pariwisata di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya, Qatar berinvestasi berupa resor halal.

“Minat investasi Qatar sudah ada sejak lama, tetapi baru saat ini Pemerintah Indonesia mempersiapkan langkah konkretnya. Apalagi setelah Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani bertemya dengan Presiden Jokowi dan menyatakan mereka ingin segera masuk ke Indonesia,” ungkap Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (23/10/2017).

Diakuinya, Presiden Jokowi sudah menginstruksikan untuk menindaklanjuti kunjungan Emir Qatar, pekan lalu. Salah satu proyek yang ditawarkan adalah destinasi wisata Mandalika. Namun sebelum investasi Qatar terealisasi, pemerintah akan membangun terminal bandara, serta memperpanjang landasan pacu (runway).

Bandara Internasional Lombok, lanjutnya, memiliki runway sepanjang 2.600 meter. Sementara runwaynya perlu diperpanjang lebih dari 3.000 meter agar bisa didarati oleh pesawat berbadan besar sekelas Airbus A380, sambung Menko Kemaritiman.

Diakuinya, nilai investasi yang akan ditanamkan Qatar di Mandalika hingga kini belum diketahui, namun demikian Qatar masih melakukan bebarapa studi di lapangan agar bisnisnya bisa lancar.

Memang setelah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (20/10), setelah mangkrak selama 29 tahun, kini banyak investor asing yang mulai melirik untuk menanamkan modalnya.

“Investasi sekarang yang berjalan 8 investor hotel senilai Rp18 triliun, kita harap bisa berlipat 3 (tiga) kali, sehingga kawasan ini akan berkembang,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden meyakini KEK Mandalika akan memberikan manfaat besar kepada masyarakat NTB karena nantinya masyarakat bisa berjualan cinderamata membuka homestay. Selain itu, KEK Mandalika ini diyakini akan membuka 58.000 lapangan kerja. (*/NDIK)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.