Pusat Informasi Wisata Kepaulauan Seribu Dihidupkan

0
357
Pulau Onrust Kepulauan Seribu

KEPULAUAN SERIBU, Bisniswisata.co.id: Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo meminta pusat informasi wisata di sejumlah pulau permukiman kembali dihidupkan untuk memudahkan para wisatawan yang berkunjung saat musim libur.

“Saya minta dihidupkan kembali pusat informasi agar saat wisatawan datang ada tempat untuk bertanya seputar destinasi yang didatangi,” katanya, Selasa (25/4).

Ia melanjutkan, selain pusat informasi wisata, di Kepulauan Seribu juga perlu dibentuk tim monitoring pariwisata yang berisi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Tim tersebut nantinya bertugas memantau dan memastikan kebutuhan wisatawan terkait infrastuktur dan pelayanan. “Kita bisa pantau langsung perilaku wisatawan melalui tim tersebut,” tandasnya.

Saat musim liburan, Kepulauan Seribu diserbu wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka berkunjung ke sejumlah pulau permukiman di Kepulauan Seribu meningkat. Pulau permukiman yang dikunjungi wisatawan antara lain Pulau Pari, Harapan, Pramuka, Tidung, Kelapa dan Payung.

Wisatawan berangkat dengan moda angkutan laut dari pintu Marina Ancol, lantas menumpang kapal menuju ke pulau permukiman. Selain itu, ada yang berangkat dari dermaga Kali Adem, Muara Angke. Jika musim liburan panjang atau long weekend jumlah kunjungan wisatawan bisa mencapai 3.000 hingga 5.000 orang.

Umumnya wisatawan menuju Pulau Tidung yang terkenal dengan jembatan cinta. Juga Pulau Untung Jawa di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, terdapat Pantai Arsa dan Pantai Sengigi yang menjadi destinasi favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Selain berenang, wisatawan banyak menggunakan jasa permainan laut, seperti banana boat. (*/day)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here