Pulau Bair, Wisata Bahari Tersembunyi di Maluku Tenggara

0
4777
Pulau Bair Maluku Tenggara

KOTA TUAL MALUKU TENGGARA, test.test.bisniswisata.co.id: Kepualauan Raja Ampat di Papua Barat, kini punya saingan baru. Pulau Bair namanya. Pulau yang berada di wilayah Kota Tual, Provinsi Maluku Tenggara memiliki keindahan bahari yang sangat luar biasa. Memang belum dikembangkan sekaligus dipromosikan secara gencar lantaran keterbatasan anggaran, juga aksesnya masih sangat terbatas.

Selain itu, Pulau Bair masih asing bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Kota Tual semula masuk Kabupaten Maluku Tenggara, kini berdiri bersamaan terbitnya Undang-Undang Nomor 31/2007. Jadi, maklum namanya belum banyak dikenal di Indonesia, apalagi dunia.

Sejak lama, kawasan Kota Tual terdiri 66 pulau memiliki keindahan bahari yang menakjubkan. Banyak pantai dengan air laut masih jauh dari tercemar. Pasir putihnya sangat memberikan pengalaman, sensasi, dan pesona tersendiri bagi wisatawan.

Di antara kekuatan wisata bahari Kota Tual, Pulau Bair akan menjadi tempat tak terlupakan. Pulau Bair memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau pulau kecil di sekitarnya; memiliki dua teluk dengan air laut jernih dan tenang berwarna biru kehijauan, vegetasi mangrove, dan tebing batu.

“Menuju Pulau Bair harus ke Kota Tual dulu. Dari Terminal Kota Tual melakukan perjalanan darat atau angkutan umum menuju Desa Dullah sekitar 30 menit. Dari Dermaga Desa Dullah Darat selanjutnya melakukan perjalanan laut dengan menyewa speed boat,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tual, Siti Tamher di Jakarta, belum lama ini.

Perjalanan menuju Pulau Bair memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Dullah, melewati pemandangan laut dan beberapa pulau kecil yang menawan. Salah satunya adalah Pulau Adranan yang memiliki pasir pantai halus. Pulau Adranan cocok untuk wisatawan yang senang bermain air di pantai dan ber-selfie.

“Transportasi udara (pesawat), juga tersedia di pulau kei sudah ada bandara penerbangan sipil milik pemerintah kab. Malra yang dioperasikan sejak tahun 2014. Umumnya wisatawan lokal setempat yang paling banyak berwisata di kawasan pulau kota Tual. JUga ada bandara Langgur di desa Ibra ” tambahnya.

Menjelang Pulau Bair, sambung dia, pengunjung akan berdecak kagum dengan suguhan tebing tebing batu yang mengelilingi Pulau Bair. Kalau beruntung, konon pengunjung dapat melihat anak ikan hiu jenis blackpit.

Pulau Ohoimas/Pulau Burung termasuk pulau unggulan yang berdampingan dengan Pulau Bair. Di Pulau Ohoimas Tengah dikembangkan wisata bersantai sambil kerkemah. Pulau Burung diperuntukkan wisata konservasi burung dan biota laut.

Pulau Ut mungkin agak jauh dari Ohoimas dan Bair karena harus ditempuh dalam 45 menit. Pencinta olahraga selancar pasti tak akan melewati pulau ini. Pada musim tertentu, gelombang lautnya cukup tinggi.

Selain wisata pantai, pemerintah Kota Tual juga mengembangkan andalan wisata lainnya. Itu terutama wisata budaya di Teluk Taar dipadukan wisata konservasi pantai dan wisata kuliner khas Tual.

Menurut Siti, Tual memiliki keterkaitan budaya dengan Bali. Peninggalan sejarah banyak berada di Kota Tual, hukum Adat Larwul Ngabal, juga bisa menjadi pengetahuan menarik wisata budaya. Karena itu, dikembangkan tema wisata Bali Masa Lalu atau The Real Bali. Tema ini akan melengkapi julukan kekuatan wisata di Kota Tual sebagai Mutiara dari Tenggara.

Selain pulau bair, tempat wisata lainnya seperti Pasir Panjang yang terkenal dengan pasirnya yang halus seperti terigu, Ohoiew Island Resort yang terkenal dengan pasirnya yang menjulur ke laut seperti lidah dengan jarak sekitar 1 km, dan tempat-tempat wisata linnya yang tak kalah indah.

Disarankan jika tertarik berkunjung ke Pulau Bair bawahlah sunblock, makanan dan minuman secukupnya dan yang terpenting membawa pulang sampah makan dan minuman untuk tetap menjaga kelestarian alam. Bagi Anda yang tertarik ke Pulau Bair sebaiknya pada musim timur atau pergantian musim dari timur ke barat atau barat ke timur. Sebaiknya pada bulan Maret-Agustus karena ombaknya kecil. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.