Pulau Air Bangis Dikembangkan bagi Wisata Bahari

0
1295
Pulau Air Bangis Jadi destinasi wisata bahari (Foto: Rifkadejavu.com)

PASAMAN, SUMBAR, bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan perencanaan pengembangan pulau-pulau yang ada di perairan Air Bangis untuk dijadikan kawasan wisata bahari.

Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Armen di Simpang Empat, Jumat (27/1), mengatakan potensi sembilan pulau yang ada cukup tinggi untuk dikembangkan. Apalagi masing-masing pulau memiliki keunikan tersendiri untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari dan kawasan konservasi.

Ia menyebutkan dari sembilan pulau yang ada hanya Pulau Panjang yang berpenghuni. “Dari pelabuhan Air Bangis menuju Pulau Panjang menggunakan perahu menempuh waktu sekitar 45 menit. Di pulau itu pengunjung bisa menikmati hamparan pasir,” kata dia.

Selain itu juga telah ada penginapan dan dermaga wisata lengkap dengan penerangan lengkap pada malam hari. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan sunset, sunrise dan bisa berjalan-jalan menikmati sejumlah lokasi menarik lainnya.

Selain Pulau Panjang, pengunjung juga bisa mengunjungi Pulau Harimau yang memiliki tanaman bakau yang cukup luas. Sedangkan di Pulau Pangkal, pengunjung bisa menikmati hamparan pasir yang putih. Kepulauan Telur juga dijadikan tempat berenang bagi pengunjung.

Ia menyebutkan saat ini pihaknya menjadikan Pulau Panjang sebagai lokasi budi daya terpadu, wisata bahari, pembuatan apartemen ikan dan kawasan pengawas laut. Pemberdayaan pulau-pulau kecil itu tentunya harus mendapat dukungan dari semua pihak. Jika pulau itu bisa dimanfaatkan maka akan menopang ekonomi warga. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.