PT COPS Rayakan Ulang Tahun dengan Training ISO 9001 dan OHSAS 18001

0
2986
Kiri ke kanan Erwin Boor SE, Riffy Rahendrijasto S Sos, Hermawan Raditya, dan Totok Triatmoko Msi pada acara training PT Cops di Jakarta.

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: PT Commercial Prima Servisindo (COPS), badan usaha alih daya dibidang jasa pengamanan atau jasa penyedia tenaga kerja merayakan ulang tahunnya yang ke-8.

Badan usaha yang dibentuk para profesional muda dibidang Outsourcing Business pada 26 September 2007 oleh Erwin Boor SE (Komisaris), H Riffy Rahendrijasto S.Sos (President Director), dan Hermawan Raditya SE (Director Operational) ini memiliki tujuan untuk melayani segmen pasar dengan melihat potensi permintaan dan kebutuhan yang ada, serta memperhatikan kemampuan yang dimiliki oleh management nya.

“Awalnya kami hanya menawarkan jasa pengamanan kini berkembang ada cleaning service, dan driver. Sehingga kami akhirnya membentuk menjadi dua divisi, yakni divisi security dan divisi non security, seperti cleaning service, office boy, driver, dsb. Dengan perbadingan security dan non security 60:40” ujar Senior Manager Operational,Totok Triatmoko, SE, MSi kepada Bisniswisata.co.id di Jakarta belum lama ini.

Ia mengatakan, “Dimulai dengan 400 tenaga kerja saat mulai didirikan sekarang kami memiliki hampir 1.800 orang yang tersebar di Indonesia. Untuk jasa keamanan kami pernah mendapatkan penghargaan tingkat nasional sebagai yang terbaik”.

Dari 25 klien yang menjalin kerjasama dengan PT COPS menurutnya untuk dibidang pariwisata, Aston Hotel Bali, Swiss Bel Inn Hotel Seminyak, Mercure Hotel, dan Hotel Heritage Solo. “PT Gudang Garam Tbk , PT Cimb Niaga Tbk, PT MNC Group, Star Energy Geothermal (Wayang Windu) LTD, juga menjadi klien kami,” ujarnya.

“Berkantor Pusat di Gedung Graha Kapital I, Jalan Raya Kemang, Jakarta, kini kami memiliki 12 kantor cabang yang tersebar di Indonesia, antara lain Solo, Yogyakarta,Surabaya, Makasar, Bali, Aceh, dan Papua (Timika),” ungkapnya.

Namun ditengah persaingan bisnis outsourcing, perusahaan yang ditangani Totok pun menghadapi tantangan, terutama yang dihadapinya masalah regulasi menyangkut ketenagakerjaan.

Masalah regulasi usaha dalam negeri yang sering berubah, menurutnya menjadikan dunia usaha di Indonesia perlu berlaku cerdas dan cermat.

Dilanjutkan dengan masalah operasiaonal. “Semakin luasnya wilayah kita untuk lokasi kerja, kita membutuhkan pengawasan yang kuat. Pengembangan dan pengawasan menjadi hal yang utama dalam kerja karena larinya ke kualitas,” ungkapnya.

Menurutnya ia harus membuat sistem yang baku untuk dijalankan di seluruh kantor cabang-cabang, salah satunya dengan pelatihan ISO yang dijadikan sebagai pedoman sebagai standarisasi.
“Sumber daya manusia yang memiliki standar dan mutu yang baik, merupakan salah satu faktor pendorong majunya dunia usaha,” tegasnya.

Totok menambahkan, “Pada moment perayaan hari ulang tahun kali ini kami menggelar syukuran pembukaan training ISO 9001 dan OHSAS 18001”.

“Ada sertifikasi, dan raker setiap tahun yang menjadi agenda rutin dengan mengundang perwakilan kantor/cabang untuk evaluasi,” tambahnya.

Melalui proses pendidikan, pelatihan dan Training Development yang dirancang berlangsung secara berjenjang dan terus menerus, motivasi dan performance tenaga kerja dapat terus terjaga dan memungkinkan untuk ditingkatkan.

“Saat ini kami telah memiliki modul-modul yang aplikatif dan fleksibel untuk dilaksanakan di berbagai tempat dan daerah, dengan tidak harus terpaku atau tergantung pada satu team dan satu lokasi penyelenggaraan saja, termasuk trainer-trainer team inti yang mampu mengaplikasikan modul-modul yang sudah dimiliki tersebut,” ungkapnya.

Standar kegiatan dan metode materi yang diterapkan oleh PT COPS, diantaranya metode training, personal skills & development; metode pelatihan, dan membangun personal/tim.

“Kami berharap dengan adanya moment di hari ulang tahun ini dimana kita sudah memiliki sertifikasi ISO 9001 dan OHSAS 18001 yang terkait masalah K3 nya, kami dari sisi internal akan lebih termotivasi dan disiplin sehingga nantinya dapat memberikan nilai kepuasan dan pelayanan bagi para klien itu sendiri, serta bisa berkompetisi di perusahan seperti ini,” ungkapnya. (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.