Provinsi NTB Promosikan Wisata Lewat Ajang Festival Senggigi 2015

0
1026
Wagub NTB membuka kegiatan Festival Senggigi yang berlangsung hingga Sabtu (19/9/15). Foto. Him

MATARAM, Bisniswisata.co.id: Bertujuan meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke pulau Lombok serta sebagai ajang promosi pariwisata NTB, Festival Senggigi kembali digelar dengan berbagai atraksi menarik sakaligus penobatan Putri NTB 2015 serta pemberian penghargaan kepada orang-orang yang dinilai peduli terhadap budaya dan pariwisata NTB.

Festival Senggigi sudah menjadi agenda tetap untuk dilaksanakan, setiap tahunnya festival ini menampilkan berbagai bentuk kegiatan yang bernuansa seni budaya, edukasi, hiburan, dan pameran hasil industri kerajinan lokal.

Band 4 Peniti dari Bandung meramaikan pembukaan Festival Senggigi 2015. (foto. Jk)
Band 4 Peniti dari Bandung meramaikan pembukaan Festival Senggigi 2015. (foto. Jk)

“Pesan saya tolong dijaga, dipelihara parIwisata itu sehingga ke depan akan semakin baik,” ujar Wakil Gubernur NTB, Moh Amin saat membuka Festival Senggigi 2015 yang dirangkaikan dengan penutupan kegiatan Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) yang telah berlangsung selama satu bulan penuh di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Rabu malam (16/9/15).

Bagi wisatawan yang gemar dengan cinderamata, di sana tersedia hasil kerajinan rakyat seperti tenun ikat khas Lombok, gerabah, hasil kerajinan seni ukir mulai dari pernak pernik, kursi tamu, lemari hingga barang antik.

Senggigi merupakan kawasan obyek wisata dengan suguhan pantai yang indah memesona, membentang dari ujung kota tua Ampenan hingga sepanjang utara Senggigi. Di sana tidak hanya pantai yang indah, namun juga bukit-bukit yang begitu menarik. Kawasan ini berhadapan langsung dengan Pulau Bali.

Selain itu, bagi wisatawan yang melenggang di kawasan Senggigi bisa sakaligus berkunjung ke obyek wisata tiga gili yakni, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air yang sangat dekat dengan Senggigi tetapi secara geografis masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Utara.

Sementara pada kesempatan yang sama Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, mengatakan, “Festival Senggigi dari tahun ke tahun mengalami kemajuan termasuk dari sisi acaranya, ada dua provinsi yang ikut dan delapan kabupaten kota. Mereka ikut menampilkan seni budayanya”.

“Kami berharap kedepan penyelenggaraan BBLS lebih bisa lagi terintegrasi dengan penyelenggaraan Festival Senggigi, sehingga kita bisa bersama-sama sejak awal mendiskusikan dan mendesain bagaimana seluruh acara yang dilaksanakan dapat tampil lebih maksimal, semakin menarik minat wisatawan mancanagara dan domestik untuk bertandang ke Lombok Barat khususnya dan NTB umumnya,” ungkapnya.

Menurutnya Festival Senggigi 2015 yang mengambil tema “Harmoni Alamku Lestari Budayaku Pesona Negeriku” ini diharapkan bisa merangkum keelokan, keindahan, dan keasrian alam Kabupaten Lombok Barat.

Diakhir sambutannya, Fauzan mengatakan, “Pada 11 kali penyelenggaraan Festival Senggigi dan acara keragaman budaya di wilayah ini, kami selalu menyewa tempat. Untuk itu saya sampaikan kepada Wakil Gubernur NTB agar pasar seni yang ada di Senggigi dan selama ini tidak terawat dengan baik bisa direvitalisasi atau dihibahkan kepada Pemkab Lombok Barat. Kami ingin jadikan pusat budaya”.

Festival Senggigi 2015 yang didukung Kementerian Pariwisata ini berlangsung hingga Sabtu (19/9/15) ini juga menampilkan parade budaya, seperti Pawai Ogoh Ogoh, Malean Sampi, Gendang Beleq, serta Peresean. (evi)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.