Promosi Pariwisata Indonesia Sasar Reality Show

0
486

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Berbagai terobosan dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya, untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke mancanegara. terobosan terbaru menggandeng program reality show The Amazing Race Asia (TARA) Season 5, yang disiarkan melalui saluran hiburan terkemuka Asia AXN Channel. Selama ini, Reality show The Amazing Race Asia menjadi tayangan yang dinikmati 85 juta rumah tangga yang tersebar di 20 negara Asia.

“Momen ini merupakan suatu kesempatan emas bagi pariwisata Indonesia untuk memperlihatkan kekayaan serta keunikan Indonesia yang mempesona dalam kemasan Wonderful Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya pada acara The Jakarta Racers Reveal Press Event, yang digelar AXN untuk mengenalkan The Amazing Race Asia Season 5 di Fairmont Hotel Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Dilanjutkan, Wonderful Indonesia dipromosikan dengan menggunakan strategi media melalui pendekatan POSE (Paid Media, Owned Media, Social Media, dan Endorser). Promosi kali ini menggunakan paid media yakni AXN Channel dalam program reality show The Amazing Asia yang menjangkau hampir seluruh wilayah Asia sebagian besar merupakan pasar utama pariwisata Indonesia.

“Pada episode kelima ini, ada 10 episode. Nah, lima episode digelar di lima kota di Indonesia. Sisanya digelar di lima negara. Ini kan kebanggan tersendiri, bahwa Indonesia mendapat jatah kota lebih banyak ketimbang negara lain,” papar Arief.

Menpar enggan menyebut nama lima kota, hal ini sesuai dengan permintaan pihak AXN. “Ya mungkin disebutkan nama kota, membuat pemirsa reality show tidak suprise. Namun saya kasih klu antara lain Banyuwangi punya blue fire, sebuah kawah yang megeluarkan cahaya alami yang menakjubkan. Di dunia ada dua blue fire, selain di Banyuwangi juga ada di Iceland,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Menteri, Bali yang sudah menjadi destinasi world class. Selain nature yang luar biasa, juga budayanya sangat menarik. Bahkan destinasi lain seperti diving, surving, tempat rekreasi dengan adrenalin yang sangat menantang.

Diakuinya, kekayaan alam dan keragaman budaya yang mengagumkan, Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata yang patut diperhitungkan di mata dunia.

Bahkan pariwisata di Indonesia mengalami pertumbuhan yang konsisten dan perkembangan yang positif dari tahun ke tahun. “Karena itu, kami bangga Indonesia menjadi salah satu destinasi The Amazing Race Asia musim kelima. Sehingga Indonesia menjadi salah satu lokasi wisata tujuan yang masuk dalam rencana liburan jangka panjang para wisatawan mancanegara,” harapnya.

Ang Hui Keng, senior Vice President dan General Manager, Sony Pictures Television Networks Asia mengakui Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang paling spektakuler di dunia terutama untuk wisata, budaya, dan petualangan.

“Kami menyambut gembira Kemenpar menjadi sponsor The Amazing Race Asia musim ke-5 yang akan memberikan inspirasi pemirsa untuk merencanakan liburan jangka panjangnya ke Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata yang paling spektakuler di dunia,” kata Ang Hui Keng.

AXN dalam reality show ini rencananya membuat serangkaian seri di beberapa lokasi destinasi wisata yakni; Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Banyuwangi, dan berakhir di Bali sebagai wonderful Indonesia serta menampilkan artis film Indonesia, Tara Basro, yang juga menjadi co-host pada beberapa episode mendampingi Alan Wu sebagai host reality show ternama ini.

Selain itu, tambah Ang Hui Keng, sebagai bagian dari kampanye pariwisata, selama enam bulan The Amazing Race Asia akan memperkenalkan beberapa lokasi favorit sebagai destinasi unggulan di Indonesia serta berbagi cerita tentang Wonderful Indonesia.

Acara reality show TARA pertama kali tayang tahun 2005, sedangkan pada season ke-4 sebelumnya tayang di tahun 2012. Sebanyak 11 tim terpilih yang ikut TARA Musim ke-5 akan melalukan perjalanan ke 10 destinasi utama Asia selama 20 hingga 35 hari dimulai dari Jakarta, Yogyakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, Manila, Taipe, Bandung, Banyuwangi, dan berakhir di Bali.

Tim pertama yang tiba dilokasi final akan mendapatkan hadiah utama US$ 100. 000 dan beberapa hadiah pada tiap pemberhetian bila tim tersebut memenangkan tantangan tertentu.

Indonesia hadir dengan dua tim, yakni Rachel dan Vocky serta Louisa dan Treasuri, sementara pesarta lainnya dari Malaysia (3 Tim), Filiphina (2 Tim), Thailand, Singapura dan Laos masing-masing 1 tim. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.