Promosi Bebas Visa, Wisatawan Italia ke Indonesia Dipermudah

0
761
Tari Kecak Bali Pukau warga Italia

ROMA, test.test.bisniswisata.co.id: Indonesia memperkenalkan bebas visa wisata bagi seluruh warga negara Italia berkunjung ke Indonesia. Dengan kata lain wisatawan Italia yang berwisata ke Indonesia kini semakin dipermudah. Dengan kemudahan via bebas visa diharapkan kunjungan turis Italia mengalami grafik kenaikan.

Promosi bebas visa ke Indonesia digelar dalam acara pagelaran budaya La Notte Veste Senise di kota Senise dan La Notte Glamour Galatone di kota Galatone, Minggu (30/08/2015), ternyata mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Italia. Sekitar 2.000 warga Basilicata berdatangan ke malam budaya yang sangat meriah dan menarik.

“Dengan kebijakan Pemerintah Indonesia memberikan bebas visa wisata bagi warga negara Italia, memudahkan masyarakat Italia bisa mengunjungi destinasi wisata Indonesia sepanjang tahun,” papar Dubes August Parengkuan dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi di Jakarta, Senin (31/08/2015).

Walikota Senise, Wilayah Basilicata, Giuseppe Castronovo maupun Walikota Galatone, Wilayah (Propinsi) Puglia menyatakan kehadiran Dubes August Parengkuan memenuhi undangan mereka telah memperkaya malam kebudayaan yang dilakukan di ujung masa liburan musim panas.

Hal tersebut menjadi catatan sejarah kota, mengingat baru pertama kali penampilan seni budaya asing dalam perhelatan malam budaya yang telah berlangsung setiap tahun sejak empat tahun belakangan ini, di kedua kota tersebut.

Minister Counsellor KBRI Roma, Nindarsari Utomo menyatakan promosi bebas visa wisata dalam malam budaya di kedua tempat tersebut dimeriahkan dengan suguhan tari-tarian Indonesia dari Sumatera dan Bali yang dibawakan dengan lincah oleh mahasiswa Indonesia Pinkan Mulia dan Lintang Dinia.

Malam budaya yang menampilkan fashion show karya desainer papan atas Italia termasuk dari rumah mode Raffaela Curiel memperagakan karya-karya Alta Moda Italia yang telah menjadi persembahan Alta Moda Italia di New York dan Dubai.

Di antara karya rancangan yang ditampilkan terdapat persembahan khusus rancangan Batik Indonesia dan demonstrasi menciptakan gaun tanpa jahitan dengan lilitan kain memakai bahan warna merah putih melambangkan warna bendera Indonesia. Hal tersebut memperkuat aksen Indonesia dalam persembahan malam budaya Italia dan Indonesia yang dilakukan atas dukungan Maria Valdiserri, dari majalah mode Rendez-Vous de la Mode.

Fashion show berkualitas internasional bagi masyarakat daerah tersebut dilakukan sebagai ungkapan terima kasih para desainer papan atas Italia terhadap tanah kelahiran mereka di Basilicata dan Puglia dan sekaligus dalam rangka memelihara tradisi fashion show bagi masyarakat setempat.

Kota Senise berpenduduk sekitar 7.000 jiwa memiliki danau buatan dengan muatan air yang terbesar di Eropa sebagai sumber devisa daerah mengingat daerah sekitarnya sangat membutuhkan suplai air dari Senise. Sedangkan kota Galatone, berpenduduk sekitar 16.000 jiwa terletak diujung selatan Italia memiliki sejarah yang panjang sebagai penghasil utama minyak zaitun yang masih menjadi sumber utama devisa daerah hingga saat ini. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.