Presiden: Pariwisata Motor Penggerak Kelesuan Ekonomi

0
810
Turis naik becak

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pariwisata menjadi motor penggerak disaat perekonomian nasional lesu. Presiden memerintahkan Menteri Pariwisata bisa lakukan terobosan memaksimalkan promosi agar dapat menarik lebih banyak wisatawan asing berkunjung ke Indonesia.

“Saat pertumbuhan ekonomi sedang turun, yang bisa memberikan devisa dalam waktu singkat adalah sektor pariwisata. Bila perlu ada list negara untuk bebas visa, ayo kasih,” kata Presiden saat rapat terbatas Kabinet di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/6).

Presiden melanjutkan, untuk mendatangkan wisman dibutuhkan kreativitas, dengan menawarkan paket-paket destinasi wisata yang menarik. “Sekarang yang diperlukan adalah langkah cepat,” lontarnya.

Selain itu, promosi pariwisata Indonesia ditingkatkan sehingga jumlah kunjungan wisatawan baik nasional maupun mancanegara bisa meningkat. Dan untuk mendorong promosi pariwisata, dialokasikan kenaikan anggaran sebesar 4 kali lipat. Diharapkan tahun-tahun berikutnya terus naik, sehingga target 20 juta wisatawan mancanegara tidak perlu menunggu sampai tahun 2020

“Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pariwisata menggenjot promosi lebih maksimal untuk menarik wisatawan asing agar lebih banyak lagi yang berkunjung ke Indonesia,” sambung kata Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki.

Presiden mengakui pelambatan pertumbuhan ekonomi bila diimbangi dengan peningkatan jumlah wisatawan akan membantu ekonomi nasional. “Saat pertumbuhan ekonomi sedang turun, yang bisa memberikan devisa dalam waktu singkat adalah sektor pariwisata,” kata Presiden.

Untuk menggenjot pariwisata, Presiden sudah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015 tentang Bebas Visa Kunjungan. Namun, masih perlu terobosan lain yang lebih tajam agar ada lonjakan wisatawan yang datang ke Indonesia, sehingga menghasilkan dana segar. “Bila perlu ada list negara untuk bebas visa, ayo (kita) kasih,” lanjut Presiden. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.