Presiden Jokowi: Selesaikan Pembangunan Pusat Perkampungan Budaya Betawi

0
451

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Gubernur DKI Jakarta menyelesaikan pembangunan Pusat Perkampungan Budaya Betawi, di Setu Babakan, Jakarta Selatan.

“Ini kan belum selesai. Memang dalam rencana makronya dulu di tengah danau masih ada lagi dan juga mungkin yang tadi disampaikan oleh Ketua Bamus, misalnya jalan menuju ke sini itu dilebarkan,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai menghadiri acara Lebaran Betawi X di Pusat Perkampungan Budaya Betawi itu Minggu (30/7) siang.

Dilanjutkan, pembangunan Pusat Perkampungan Budaya Betawi yang dirintis 5 tahun lalu, tujuannya untuk merawat, menjaga, dan melestarikan budaya Betawi. “Tidak hanya fisik, enggak (hanya) rumahnya, enggak (hanya) gigi belalangnya, enggak juga (hanya) tariannya, tapi tadi juga kita lihat di rumah-rumah ada makanan-makanan, (misalnya) bir pletok dan lain-lainnya,” ujar Presiden.

Kepala Negara menilai, merawat dan menjaga kearifan lokal budaya itu sangat penting sekali karena intervensi peradaban Barat, peradaban dari negara lain itu sangat gencar sehingga perlu benteng yang mendesak untuk kita lakukan.

Presiden Jokowi hadir di Lebaran Betawi menggunakan pakaian adat Betawi Ujung Serong, sementara Ibu Iriana memakai kebaya warna merah. Setibanya di lokasi acara, Presiden dan Ibu Negara langsung dihadang palang pintu sebelum masuk ke tempat acara.

Presiden dan Ibu Negara menyempatkan diri berkeliling ke rumah-rumah adat sesuai wilayah administrasi DKI Jakarta. Presiden dan Ibu juga melihat stan-stan makanan, kerajinan, pakaian khas Betawi, serta melihat pengrajin besi tempa. Sebelum meninggalkan lokasi acara, Presiden melepas ikan di kolam Pusat Perkampungan Budaya Betawi.

Presiden menggoreskan cat akrilik secara berurutan, cat merah, kuning, hijau, biru di kanvas berukuran 100×50. Goresan tersebut akan dilanjutkan menjadi sebuah lukisan oleh pelukis Betawi, Sarnadi Adam.

Kepala negara juga dihibur penampilan Keroncong Bandar Djakarta. Sejumlah lagu yang ditampilkan di antaranya, Kota Solo, Idaman Setu Babakan, Stanbul Betawi, Melayu Hilang Tak Berkesan, dan Renungkanlah.

Pimpinan Keroncong Bandar Djakarta, Yoyo Muchtar mengatakan, ada lagu spesial yang dipersembahkan kepada Presiden RI yakni Kota Solo.
“Hari ini Pak Jokowi hadir, sambil mengiringi beliau keliling di setu, kami persembahkan lagu Kota Solo,” ujarnya.

Ia berharap, melalui pementasan ini masyarakat kembali diingatkan, dan mulai menyukai kesenian Betawi. “Kita ingin seni dan budaya Betawi bisa terus lestari hingga ke anak cucu,” tandasnya. (ndik)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.